Wednesday 1 February 2023

DLH Gelar Rapat, Bahas Aduan Pengolahan Emas di Kokap Kulon Progo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Pada Selasa (31/1/2023), DLH Kabupaten Kulon Progo mengundang beberapa instansi terkait seperti Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi, DPMPT, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Panewu Kokap dan Lurah Hargorejo untuk melaksanakan rapat koordinasi terkait adanya aduan dari masyarakat Pedukuhan Sangkrek pada tanggal 24 Januari 2023 lalu. 

Aduan masyarakat Sangkrek ini terkait adanya kegiatan Pengolahan Emas oleh Sdr. Tri Prasetyo yang berlokasi di  Pedukuhan Sangkrek, Hargorejo, Kokap. 


Pelapor menduga kegiatan pengolahan emas masih menggunakan mercuri. 

Limbah dari pengolahan emas tersebut dikhawatirkan mencemari sumur warga sekitar dan sungai yang biasa digunakan oleh anak-anak Sangkrek untuk bermain. 

Lurah Hargorejo selaku pemangku wilayah membenarkan adanya kegiatan pengolahan emas tersebut hanya saja kegiatan pengolahan emas pada saat ini sudah menggunakan peralatan yang bebas mercuri, pernyataan  ini dibenarkan juga oleh Kapanewon Kokap yang sebelumnya juga sudah meninjau ke lokasi.

Hasil rapat menyepakati untuk melakukan peninjauan bersama untuk memastikan benar tidaknya aduan tersebut guna meminimalkan kekhawatiran masyarakat Dusun Sangkrek. (Dewi)

No comments:

Post a Comment