Friday 24 February 2023

Saat In House Training, Dewan Pengawas Suntik Motivasi Karyawan Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo

TEMON (KONSIKA NEWS) – Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo Eko Wisnu Wardhana, S.E secara khusus memberikan suntikan motivasi kepada karyawan perusahaan.

Hal itu disampaikan Eko Wisnu saat dirinya didaulat menyampaikan pengarahan dalam In house Training Best Practice and Sharing yang diselenggarakan Perumda Air Minum Tirta Binangun di Joglo Hageng 1 Hotel Grand Dafam Signature International Airport Yogyakarta Lantai 2, Minggu Legi (19/2/2023).


Dituturkan Eko Wisnu, karyawan merupakan aset insani sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bisa menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah perusahaan.

“Saat seseorang tahu makna pekerjaannya, dia pasti akan melakukan dengan rasa bangga, dengan senang hati, dengan penuh tanggung jawab dan yang terpenting dia akan membuat pekerjaannya penuh arti bagi diri dan sesamanya,” tuturnya di hadapan peserta.

Eko Wisnu mengungkapkan, begitu banyak orang yang ingin mendapat pekerjaan karena pekerjaan itu memiliki arti/nilai. Meski demikian, terkadang masih ada karyawan yang tidak mampu bersyukur setelah pekerjaan itu diperoleh.


“Menjadi penting untuk menyadari bahwa kerja itu bernilai ibadah, amanah, syukur, kehormatan, titipan, atau bahkan seni. Oleh karena itu, dalam bekerja sebaiknya diresapi, dirasakan, dan dinikmati,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Eko Wisnu menerangkan prinsip-prinsip yang dapat dijadikan pedoman saat bekerja.

Prinsip-prinsip tersebut antara lain siap ditugaskan dan siap menjalankan tugas, loyal kepada pimpinan dan peraturan, siapapun kita adalah pelayan, siapapun kita tidak bisa bekerja sendiri, dan pemikiran 3 orang akan lebih baik daripada 2 orang, demikian seterusnya.

“Biasakan untuk berpikir, berkata, dan bertindak positif. Karena pada dasarnya melayani orang lain sama halnya dengan melayani diri sendiri,” tegas salah satu pejabat yang tiga pekan lalu dilantik menjadi Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo tersebut.

Dalam kesempatan itu, Eko Wisnu kembali mengingatkan akan pentingnya kekompakan sejalan dengan tagline yang diusung Perumda Air Minum Tirta Binangun di tahun 2023.

Di sela-sela membeberkan materi, ia menyelipkan game bermuatan kekompakan bagi peserta pelatihan.

“Game itu maknanya harus kompak antara yang memerintah dan yang diperintah. Menekankan pula bahwa komunikasi itu akan lebih efektif jika bertatapan langsung. Akan terlihat siapa yang tidak tanggap, apakah yang diperintah atau justru yang memerintah. Itulah kemudian pentingnya kerjasama, komunikasi, dan hal-hal yang terkait dengan kekompakan,” kata Eko Wisnu.

Sebagai Dewan Pengawas, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun beserta jajaran yang telah menginisiasi character building dalam rangka melakukan penambahan motivasi bagi karyawan non struktural.

“Semoga upaya kita ini membawa keberkahan bagi para peserta berikut keluarga dan perusahaan,” harapnya. (Prd)

No comments:

Post a Comment