Monday 27 February 2023

SIBAKU Diusung Dalam Praktik Baik DLH Kulon Progo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Forum rapat koordinasi internal Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo yang diadakan di Ruang Sekdin pada Selasa (21/2/2023) dan dipimpin langsung Kepala DLH Drs. Sumarsana, M.Si menyepakati Siaga Berjibaku Melawan Sampah Kulon Progo (SIBAKU) sebagai satu-satunya program yang diangkat dalam pengisian Praktik Baik.

Menurut Sumarsana, SIBAKU dapat menjadi leader gerakan pengelolaan sampah di Kabupaten Kulon Progo.


Dengan SIBAKU diharapkan dalam 1 Kalurahan terdapat minimal 1 Bank Sampah dan 1 TPS 3R sehingga mendukung program sampah habis di tingkat desa sesuai amanah Jakstrada.

Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan Toni, S.IP.,M.AP mengatakan untuk aplikasi ELINGKU tahun ini tidak dimasukkan ke dalam pengisian Praktik Baik, dikarenakan masih dalam proses pengembangan dan penyempurnaan oleh Tim DLH bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kulon Progo.


Sementara itu, Sekretaris DLH Dra. Ratna Juita menuturkan terkait dengan proses pengisian Praktik Baik akan dikomunikasikan dengan Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo agar sesuai dengan hal-hal apa saja yang diminta.

Dalam rapat disepakati bahwa data pengisian Praktik Baik agar disiapkan oleh Bidang Tata Lingkungan.


Direncanakan pada minggu kedua di Bulan Maret akan diadakan paparan progres pengisian Praktik Baik dari DLH, sebelum secara resmi ditutup tanggal 31 Maret 2023. (Prd)

No comments:

Post a Comment