Wednesday 22 February 2023

Selama 2 Hari, Perumda Air Minum Tirta Binangun Gelar In House Training Untuk Pegawai Non Struktural

TEMON (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan pelatihan bertema In House Training Best Practice and Sharing Pengelolaan Perusahaan Air Minum.

Menyasar semua karyawan dan karyawati non pejabat struktural, In House Training berlangsung selama 2 (hari) pada Sabtu Kliwon hingga Minggu Legi (18-19 Februari 2023) bertempat di Joglo Hageng 1 Hotel Grand Dafam Signature International Airport Yogyakarta Lantai 2.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun H. Jumantoro, S.E mengungkapkan, kegiatan pelatihan dimaksudkan dalam rangka penyegaran dan penyesuaian wawasan pengetahuan selaras perkembangan zaman.

 


“Yang utama untuk pelatihan capacity building semacam ini tentu untuk merefresh kembali. Dan juga menyesuaikan model-model pelayanan yang ada supaya tidak ketinggalan dan ter-update sebagaimana era sekarang,” ungkap Jumantoro kepada awak media.

Di samping itu, lanjut Jumantoro, supaya menjadi sarana evaluasi bagi karyawan dan membangun kesadaran dari internal hal-hal apa saja yang harus dibenahi terkait tugas serta tanggung jawab masing-masing sehingga terpacu untuk meningkatkan potensi.

”Agar naluri sebagai pelayan itu bisa lebih luas dan lebih bertanggungjawab. Membangun impian Perumda Tirta Binangun yang diinginkan seperti apa. Kemudian bersama-sama mewujudkan itu,” sambungnya.


Jumantoro mengharapkan, semua karyawan tidak hanya mempelajari satu bidang pekerjaan mengacu job description (job desk) saja, namun juga merambah ke job desk yang lain.

“Menjadi insan tukang ledheng itu yang benar-benar mumpuni, mampu menjawab semua tantangan baik internal maupun eksternal. Skill-nya naik, knowledge-nya bertambah. Dengan demikian, bila suatu saat dipromosikan menjadi pejabat struktural mereka sudah siap,” kata Jumantoro.

Disinggung terkait pemilihan waktu pelatihan di hari libur, Jumantoro menjelaskan, supaya tidak menganggu pelayanan kepada para pelanggan Perumda Air Minum Tirta Binangun.

Menurutnya, tempat pun sengaja dipilih hotel yang megah dengan pengemasan pelatihan dibuat semenarik mungkin, sehingga membangun kesan seolah-olah sedang liburan.

“Konsep yang kami usung yaitu bagaimana liburan ini bermanfaat dan mampu meningkatkan potensi, keahlian, wawasan, dan pengalaman para karyawan. Semua sepakat untuk membawa perusahaan ini menjadi lebih baik, makanya meski hari libur mereka semangat mengikuti pelatihan,” tutur Jumantoro.

 


Ketua Panitia In House Training Sri Suyati, S.M mengatakan, peserta pelatihan berjumlah 98 orang dari kalangan internal pegawai Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo non pejabat struktural.

“Pelatihan bagi karyawan selalu rutin kami adakan minimal 1 tahun sekali. Adapun materi pelatihan pada kesempatan ini disampaikan oleh 3 narasumber dari Waterman Indonesia,” ujar Kasubag Umum dan Kepegawaian Perumda Air Minum Tirta Binangun tersebut.

Ketiga narasumber yang dimaksud yaitu Wahyu Eko BS membawakan materi Manajemen Sumber Daya, Henry Darwin dengan materi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), serta materi Etos Kerja, Kompetensi dan Motivasi oleh Lintang Hutasoit. (Prd)

 

No comments:

Post a Comment