Monday 30 January 2023

Masyarakat Banjarasri Kalibawang Mendapat Sosialisasi Program Hibah Air Minum Perkotaan

KALIBAWANG (KONSIKA NEWS) – Warga masyarakat di Kalurahan Banjarasri Kapanewon Kalibawang mengikuti kegiatan sosialiasi Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo bertempat di Balai Kalurahan Banjarasri, Kamis Pahing (26/1/2023).

Sebanyak 58 warga dari berbagai Padukuhan di Banjarasri yang hadir dalam acara tersebut, tampak antusias memperhatikan penjelasan dari Tim Perumda Air Minum Tirta Binangun.

Pun tatkala sesi tanya jawab dibuka. Sejumlah warga berpartisipasi aktif mengajukan pertanyaan.

“Kualitas air yang diambil dari Sungai Progo, apakah sudah melalui tes dan diukur?,” tanya salah satu warga asal Padukuhan Kalijeruk, Yohanes.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo, H. Jumantoro, S.E memberikan penjelasan air PDAM terjamin kualitasnya.

“Kualitas air PDAM sudah sesuai dengan PERMENKES No.492, setiap bulan air diuji laboratorium oleh tenaga kesehatan sesuai dengan standar kesehatan dan layak konsumsi,” jelas Jumantoro yang memimpin langsung pelaksanaan sosialisasi didampingi Kepala Bagian Teknik Sutopo, Kasubag Pemasaran Enita Rahayu, S.M, Kepala Cabang Utara Rukan, dan beberapa staf.


Ditambahkan, kualitas air telah di tes di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBPTKLPP) Yogyakarta.

“Hingga saat ini, Perumda Tirta Binangun belum pernah mendapatkan complain terkait kualitas air,” tegas Jumantoro.

Sementara itu, salah satu warga Padukuhan Paras, Agung, menanyakan peluang mendaftar Program Hibah Air Minum untuk tahun depan.

“Apakah masih bisa mendaftar program Hibah Air Minum Perkotaan SR MBR 2023 di tahun 2024?. Mengingat ada wilayah di Kalurahan Banjarasri yakni Pedukuhan Paras yang belum mendaftar di tahun ini,” ujar Agung.

Dijawab oleh Jumantoro bahwa program hibah pada tahun-tahun mendatang belum dapat dipastikan teknis pelaksanaannya.

“Untuk Program Hibah Air Minum Perkotaan tahun 2024 masih bisa dilaksanakan. Namun, kami Perumda Tirta Binangun tidak bisa memastikan apakah tahun berikutnya masih terlaksana atau tidak,” kata Jumantoro.

Berdasarkan rekapitulasi data yang masuk, Calon Penerima Manfaat (CPM) Sambungan Rumah (SR) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Tahun 2023 di Kalurahan Banjarasri berjumlah 195 orang. Terbanyak, dari Padukuhan Kisik yaitu 49 calon.

Sebagai wujud apresiasi atas kehadiran warga yang mengikuti sosialisasi dan mengajukan pertanyaan, pihak Perumda Air Minum Tirta Binangun memberikan sejumlah souvenir. (Prd)

No comments:

Post a Comment