Tuesday 18 July 2023

Survei Rencana Penempatan Alat Pemantau Kualitas Air di Lendah, DLH Kulon Progo Dampingi Tim Kementerian LHK

LENDAH (KONSIKA NEWS) - Pada hari Jumat, 14 Juli 2023, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo melaksanakan pendampingan lapangan dalam rangka survei rencana lokasi penempatan Stasiun Pemantauan Kualitas Air secara Otomatis, Kontinu, dan Online (ONLIMO) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI), di Sapon, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo.

Stasiun ONLIMO merupakan alat pemantau sistem kualitas air permukaan (air sungai) secara kontinu, otomatis, dan online, yang mana data hasil pemantauan kualitas air sungai akan secara langsung terpantau/termonitor ke sistem server KLHK RI Pusat di Jakarta.


Tujuan dari rencana pembangunan Stasiun Pemantauan Kualitas Air secara Otomatis, Kontinu, dan Online (ONLIMO) ini adalah untuk memonitor kualitas air secara real time atau waktu nyata.

Tujuan jangka panjang dengan adanya Stasiun ONLIMO ini adalah sebagai data dan bahan untuk menetapkan kebijakan pengendalian pencemaran air.

Pada survei lapangan ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) diwakili oleh Julianto Sinaga, S.E. dan Bayu Widiyatama, yang didampingi oleh Amarain Syahwa Zamalia selaku Pihak Penyedia Stasiun ONLIMO.

Sumber anggaran dari rencana pembangunan Stasiun Pemantauan Kualitas Air secara Otomatis, Kontinu, dan Online (ONLIMO) di Sapon, Sidorejo, Lendah, Kulon Progo tersebut berasal dari KLHK RI, termasuk proses pengadaan dan operasionalnya secara sekaligus nantinya akan dilaksanakan dan diampu secara langsung oleh KLHK RI, Jakarta. (Himawan)

No comments:

Post a Comment