Sunday 23 July 2023

Ini Alasan 3 Mahasiswi Poltekkes Kemenkes Semarang Yang Isi Waktu Libur Dengan Volunteer di DLH Kulon Progo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Tidak dipungkiri, beragam kegiatan dilakukan anak kuliahan untuk mengisi liburan semester. Mulai dari mengikuti seminar-seminar, kerja paruh waktu, mengembangkan hobi, hingga piknik berombongan.

Alih-alih bertamasya atau traveling ke obyek wisata, 3 (tiga) mahasiswi asal Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Semarang Kampus VII Purwokerto justru melaksanakan magang secara volunteer di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo selama 2 pekan tanggal 3-15 Juli 2023.

Mereka adalah Syarifah Hidayah, Evi Yuli Astuti dan Laiya Maharani.


“Magang volunteer itu keinginan atau inisiatif dari kami sendiri untuk mengisi kegiatan selama liburan semester, kegiatan ini memang tidak diwajibkan dari kampus,” ujar Syarifah saat bincang eksklusif bersama WARTA DLH, Jum’at (14/7/2023).

Alasan mengapa memilih magang volunteer daripada liburan, mahasiswi yang duduk di bangku semester II tingkat 1 Jurusan D-3 Kesehatan Lingkungan itu mengungkapkan, karena didorong keinginan untuk mengetahui implementasi materi kuliah di dunia kerja.

“Di kuliah tingkat 1 itu kan jarang terjun ke lapangan, seringnya di kelas dan materi. Paham materi tapi tidak tahu di lapangannya itu seperti apa. Nah, dengan magang kita jadi paham bahwa antara materi kuliah dan terapan di lapangan ternyata ada kaitannya,” ungkapnya.


Rekan Syarifah yang lain menuturkan, melalui magang volunteer mahasiswa dapat lebih paham tentang seluk beluk dunia kerja sejak dini.

“Menjadi paham dunia pekerjaan DLH itu seperti apa, tanggung jawabnya seperti apa, kegiatannya apa saja yang dilakukan, jam kerjanya bagaimana,” kata Evi Yuli.

“Sehingga, sudah tahu lebih dahulu garis besar tupoksi ketika suatu saat bisa keterima kerja di DLH,” sambung Laiya Maharani.


Ditanya pendapat mengenai bimbingan yang diberikan oleh para pegawai DLH Kulon Progo, mereka menjawab semua ramah dan baik hati.

“Bapak Ibu pegawai DLH ramah-ramah, bisa menerima kami, tidak galak, serta telaten dalam membimbing dan mengajari,” ucap ketiganya kompak. (Prd)

No comments:

Post a Comment