Friday 28 July 2023

Bimtek PPLH di DLH Kulon Progo Diikuti Perwakilan-Perwakilan Puskesmas

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Dalam rangka meningkatkan kualitas ketaatan terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH) di bidang kesehatan, DLH Kulon Progo mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) bagi puskesmas di Kabupaten Kulon Progo, Rabu tanggal 26 Juli 2023.

Bimtek ini diikuti oleh sanitarian wakil dari puskesmas masing-masing dengan narasumber/pembicara Bapak Bangun Nugroho Wibowo, S.KM dari Dinas Kesehatan dan Dedy Kunardi, S.Si., M.Sc. dari DLH Kulon Progo.


Standar kesehatan lingkungan bagi fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) mengacu pada PMK No 2 Tahun 2023 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 tentang Kesehatan Lingkungan.

Penyelenggaraan kesehatan lingkungan di fasyankes yaitu penyehatan, yang meliputi penyehatan air, penyehatan udara, penyehatan tanah, penyehaan pangan siap saji, dan penyehatan sarana pra-sarana. Selain itu, terdapat pula pengendalian vektor penyakit.

Hal tersebut di atas tidak lepas dari pengelolaan limbah yang timbul dari aktivitas di fasyankes, baik limbah domestik maupun limbah bahan berbahaya dan beracun (limbah B3).

Pengelolaan limbah meliputi pengelolaan limbah padat, limbah cair/air limbah, dan limbah gas.

Pengawasan terhadap limbah yang berasal dari fasyankes dilakukan secara internal oleh pihak fasyankes dan secara eksternal dilakukan oleh pemerintah pusat, daerah provinsi, dan daerah kabupaten/kota sesuai dengan kewenangan masing-masing. (Citra)

 

No comments:

Post a Comment