Tuesday 25 July 2023

Penanaman Pohon Dalam Rangka HUT Perumda Tirta Binangun di Waduk Sermo Dihadiri DLH Kulon Progo

KOKAP (KONSIKA NEWS) - Pada hari Jumat 21 Juli 2023 Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Bapak Toni, S,IP.,M.A.P selaku Kepala Bidang beserta staf mengikuti kegiatan Penanaman Pohon di Kawasan Waduk Sermo tepatnya di Gumuk Sriti Waduk Sermo.

Kegiatan penanaman pohon ini diselenggarakan oleh Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo menyambut HUT-nya yang ke-32.


Kegiatan yang dilaksanakan berupa seremonial dan sambutan dari Pemangku wilayah serta dari Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun, H.Jumantoro, SE.

Pada kesempatan ini Perumda Air Minum Tirta Binangun berupaya untuk tetap menjaga kualitas air baku yang digunakan dalam pengolahan air bersih yang salah satu sumbernya adalah Waduk Sermo.

Pada saat musim kemarau karena air surut maka untuk dasar sermo banyak yang terlihat.


Akan tetapi momen seperti ini justru sering dimanfaatkan untuk penanaman tanaman pakan ternak seperti kolonjono yang sebetulnya dapat menyebabkan menurunnya kualitas air dikarenakan penggunaan pupuk urea.

Penggunaan urea yang berlebih dapat mengakibatkan warna air waduk menjadi hijau karena pertumbuhan alga yang ada dalam air, hal ini menyebabkan proses pengolahan air menjadi lebih berat dan sedikit sulit, sehingga diharapkan kita semua memiliki kesadaran untuk merawat sumber-sumber air yang ada. (Putri)

No comments:

Post a Comment