Tuesday 31 October 2023

Dirut PDAM Kulon Progo Ajak Masyarakat Cegah Stunting Dengan Konsumsi Air Bersih dan Sehat

WATES (KONSIKA NEWS) – Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun H. Jumantoro, S.E mengajak masyarakat di Kabupaten Kulon Progo untuk bersama-sama mencegah stunting dengan cara mengkonsumsi air yang bersih dan sehat.

“Kalau masyarakat itu mengkonsumsi air yang layak dan sehat, pasti nanti derajat kesehatan masyarakat juga akan meningkat. Paling tidak (angka) stuntingnya juga akan turun,” ujar Jumantoro saat menjadi narasumber Talkshow Radio Megaswara bertemakan Semarak Hari Jadi ke-72 Kabupaten Kulon Progo, Jum’at Wage (20/10/2023).


Menurut Jumantoro, salah satu faktor yang menyebabkan anak menjadi stunting adalah karena faktor air minumnya yang tidak layak konsumsi. Selain juga terkait dengan gizi.

Sebagai bagian dari pemerintah yang ditugasi untuk memberikan pelayanan air minum kepada warga masyarakat di Kabupaten Kulon Progo, keberadaan Perumda Air Minum Tirta Binangun diharapkan dapat membantu mengatasi persoalan tersebut.

“PDAM kan menyediakan air bersih sesuai dengan standar kesehatan dan layak konsumsi. Dan kami di Kabupaten Kulon Progo setiap tahunnya selalu memberikan pemasangan sambungan rumah bagi warga masyarakat yang belum bisa menikmati air bersih dan sudah terjangkau jaringan,” terangnya.

Oleh karena itu, Ia mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kulon Progo yang sudah terjangkau jaringan untuk menikmati air bersih dan layak dari Perumda Air Minum Tirta Binangun.

“Jangan sampai terutama seperti yang saat ini (sedang) musim kemarau mengalami kekeringan,” kata Jumantoro. (Prd)

No comments:

Post a Comment