Friday 20 October 2023

Jika Ada Duta Lingkungan Hidup di Kabupaten Kulon Progo, Ini Harapan Dyah Wulandari

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Seiring persoalan lingkungan hidup dari tahun ke tahun yang semakin komplek, sosok Duta Lingkungan Hidup dipandang perlu untuk mulai digagas keberadaannya di Kabupaten Kulon Progo.

Di samping mengemban tugas yang telah dirancang DLH, Duta Lingkungan Hidup dapat menjadi panutan masyarakat melalui pola-pola edukatif dalam pelestarian lingkungan.


“Duta Lingkungan Hidup adalah program yang dapat menarik anak muda untuk lebih sadar lingkungan,” kata Dyah Wulandari, salah satu Duta Museum DIY 2022 yang kini sedang PKL di DLH Kulon Progo.

Menurut Dyah, agar Duta Lingkungan Hidup dapat berperan secara optimal maka kewajiban, tanggungjawab sampai dengan pelaporannya harus tersusun baik dan jelas.

“Jangan sampai hanya sekedar selempang atau hanya sekedar nama “Duta” saja, tetapi tidak beraksi secara nyata untuk lingkungan hidup di Kabupaten Kulon Progo,” tandas mahasiswi Jurusan Biologi UNY tersebut.

Tidak dipungkiri, sebagian masyarakat memang masih kurang peduli pada lingkungan hidup.

Duta Lingkungan Hidup yang sosoknya identik dekat dengan “kawula muda”, diharapkan menjadi salah satu aktor penggerak.

Menarik untuk dinantikan, apakah masa mendatang Kabupaten Kulon Progo mempunyai Duta-Duta Lingkungan Hidup yang secara resmi dan sah dinaungi DLH?. (Prd)

No comments:

Post a Comment