Thursday 5 October 2023

Penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Tahun 2023 di Kulon Progo, Begini Peranan DLH

WATES (KONSIKA NEWS) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo andil dalam pendampingan Penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Tahun 2023, mulai dari persiapan hingga tahap akhir.

Penyuluh Lingkungan Hidup pada Bidang Tata Lingkungan, Anhar Isnawan, S.Hut mengatakan sebagai koordinator tatanan, Dinas Lingkungan Hidup mengkoordinasikan OPD-OPD terkait dalam tatanan relevan untuk pengumpulan data yang dibutuhkan.

“Selain itu, sebagai anggota dari tatanan lainnya dan mensupport data kepada koordinator tatanan tersebut,” imbuh Anhar yang merupakan koordinator dari DLH.


Ia menyebutkan, lokus penilaian yang berkaitan langsung dengan tupoksi DLH adalah SD N 1 Pandowan Galur dan SMP N 1 Pengasih yang berpredikat Sekolah Adiwiyata, Padukuhan Kroco terkait Bank Sampah, dan TPA Banyuroto sebagai tempat pemrosesan akhir sampah.

Di Kabupaten Kulon Progo, Tim Penilai KKS yang diketuai Asisten Deputi Bidang Agama Kesehatan Pemuda dan Olahraga, Sekretariat Kabinet RI, Teguh Supriyadi, S.H.,LL.M, melaksanakan kunjungan penilaian selama 2 (dua) hari.

Pada hari pertama, Senin (11/9/2023), Tim Penilai meninjau Alun-Alun Wates, Kantor Sekretariat KKS Kabupaten, Pasar Wates, Masjid Al Furqon Lendah, SD N 1 Pandowan Galur, Batik Sembung, Pasar Kasihan Gulurejo, CV. KHS/ Quick, dan Terminal Sentolo.


Sedangkan di hari kedua, Selasa (12/9/2023), lokasi yang dikunjungi adalah Mal Pelayanan Publik, SMP N 1 Pengasih, Posyandu Padukuhan Kroco, TPS 3R Kroco, Puskesmas Pengasih I, Kalurahan Sendangsari, TPA Banyuroto, Vihara Giri Dharma Girimulyo, dan Ekowisata Sungai Mudal.

Di lokus terakhir, dilangsungkan FGD hasil kunjungan lapangan oleh Tim Penilai Pusat yang dihadiri oleh Pj. Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T.,M.T, Kepala OPD terkait, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kulon Progo Drs. H. Kasdiyono, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Secara keseluruhan terdapat 9 (sembilan) tatanan dalam Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional di Kulon Progo Tahun 2023 meliputi, Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Permukiman Dan Fasilitas Umum, Satuan Pendidikan, Pasar, Pariwisata, Transportasi Dan Tertib Lalu Lintas Jalan, Perkantoran Dan Perindustrian, Perlindungan Sosial, dan Pencegahan Dan Penanganan Bencana. (Prd)

 

No comments:

Post a Comment