Sunday 22 October 2023

November Mendatang, DLH Akan Kampanye Stop Penggunaan Merkuri Sektor PESK

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pelaksana Penghapusan Merkuri Kulon Progo dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Aksi Stop Penggunaan Merkuri pada Sektor Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) di Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Rapat koordinasi ini digelar di Ruang Rapat Aula Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo.


Rapat ini dilaksanakan dalam rangka implementasi Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 59 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Daerah Penghapusan Merkuri.

Tujuan dari rapat koordinasi ini di antaranya adalah: a) Tersusunnya Agenda Recana Kampanye Aksi Stop Penggunaan Merkuri pada Sektor Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) di Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo yang akan Dilaksanakan pada Bulan November 2023; dan b) Terjalinnya Kolaborasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait Implementasi Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 59 Tahun 2022 dalam rangka Percepatan Implementasi Rencana Aksi Daerah Penghapusan Merkuri dengan target capaian bebas merkuri sebesar 100% pada sektor prioritas Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) tahun 2025.


Salah satu indikator capaian di dalam matriks implementasi Penghapusan Merkuri Kabupaten Kulon Progo, salah satunya adalah kampanye penghapusan penggunaan merkuri pada masyarakat sekitar PESK.

Pada bulan November 2023 ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo dengan dukungan bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kulon Progo terkait, Pemerintah Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo, BPKAL Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo, serta Aparat Wilayah Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo berencana akan melaksanakan kampanye aksi stop penggunaan merkuri pada sektor Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) melalui pemasangan spanduk/baliho/reklame di tempat-tempat strategis di wilayah Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. (Himawan)

No comments:

Post a Comment