Thursday 12 October 2023

Ratusan Pekerja Rentan di Kulon Progo Menjadi "Anak Asuh" Perumda Air Minum Tirta Binangun

WATES (KONSIKA NEWS) – Mendukung program pemerintah dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) sebagai bentuk perlindungan bagi pekerja, Perumda Air Minum Tirta Binangun menjadi “Orang Tua Asuh” bagi ratusan pekerja rentan di Kabupaten Kulon Progo.

Hal itu dilakukan dengan cara memberi bantuan dalam bentuk pembayaran iuran kepesertaan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) pada BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo, Waryady, S.E.,MM menyebutkan jumlah pekerja rentan yang “diasuh” mencapai 131 orang.


“Mereka dari kalangan buruh, tani, dan pedagang. Yang paling dominan dari buruh,” kata Waryady.

Dijelaskan, untuk membayar iuran BPJS tersebut anggarannya bukan berasal dari perusahaan. Namun, berasal dari masing-masing pegawai sesuai dengan arahan dari Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun.

“Pak Direktur menyampaikan gagasan, himbauan dan anjuran untuk mengcover. Prinsipnya, berbagi terhadap orang-orang yang rentan terhadap kecelakaan kerja, terutama dari kalangan kurang mampu,” ungkap Waryady.

Seluruh Pegawai Perumda Air Minum Tirta Binangun memang dianjurkan untuk turut peduli dengan mendaftarkan pekerja rentan di lingkungan sekitarnya. Yaitu, minimal 1 (satu) orang dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di BPJS Ketenagakerjaan Kulon Progo dengan besaran iuran sejumlah Rp. 16.800,- per orang/bulan.


“Insan atau Pegawai Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo diharapkan dapat menjadi role mode ketenagakerjaan yang dimulai dari lingkungan sekitar,” ujar Waryady.

Atas inisiasi itu, Perumda Air Minum Tirta Binangun mendapatkan apreasiasi sebagai pelopor di Kabupaten Kulon Progo sebagai orang tua asuh bagi para pekerja rentan.

Apreasiasi secara langsung disampaikan dalam acara Pengarahan oleh Pj Bupati dan Launching Program Orang Tua Asuh bagi Pekerja Rentan di Ruang Aula Yudistira Perumda BPR Bank Kulon Progo, Selasa Wage (10/10/2023). (Prd)

No comments:

Post a Comment