Sunday 19 March 2023

Studi PESK : DLH Kapuas Hulu Kunjungi DLH Kulon Progo

PENGASIH (WARTA DLH) - Pada hari Kamis, 16 Maret 2023, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo menerima kunjungan kerja dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka studi banding fasilitas Pengolahan Emas Skala Kecil (PESK) tanpa merkuri di wilayah Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Studi banding ini bertujuan sebagai persiapan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka persiapan pembangunan fasilitas Pengolahan Emas Skala Kecil (PESK) tanpa merkuri di Kabupaten Kapuas Hulu pada Tahun Anggaran 2023.


Rencana pembangunan fasilitas Pengolahan Emas Skala Kecil (PESK) tanpa merkuri Kabupaten Kapuas Hulu tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Pada studi banding kali ini, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu diwakili oleh Bapak M. Sudirman, S.P., M.M., Bapak Kadarisno, S.Si., M.I.L, Ibu Hamidah H. S., S.Si, dan Bapak Rino Pratama Hadi, S.Si.

Kunjungan kerja diterima oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo, yang diwakili oleh Toni, S.I.P, M.A.P. selaku Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan dan Himawan Novianto, S.T. selaku Analis Lingkungan Hidup pada Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan.


Kunjungan kerja ke fasilitas
Pengolahan Emas Skala Kecil (PESK) tanpa merkuri dilaksanakan pada 3 (tiga) lokasi di Kalurahan Hargorejo dan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, yaitu: a) Workshop Koperasi Produsen Hargo Selo Koncono, Hargorejo; b) Workshop Koperasi Produsen Mineral Logam Mulia, Plampang 3, Kalirejo; c) dan Pilot Proyek dari BRIN untuk Fasilitas Pengolahan Emas Tanpa Merkuri, Kalirejo. (Himawan)

No comments:

Post a Comment