Tuesday 7 March 2023

Perumda Tirta Binangun Lakukan Persiapan Jelang Ramadhan

WATES (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo melakukan sejumlah persiapan menjelang datangnya bulan Ramadhan 1444 H/2023 M.

Persiapan tersebut, dilaksanakan sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

“Di bulan Puasa, pola konsumsi air para pelanggan itu berubah. Saat pagi dan sore hari, pemakaian air akan lebih awal daripada bulan-bulan lainnya. Menyikapi hal itu, semua sudah kita persiapkan yang notabene memang rutinitas tiap tahun,” kata Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun H. Jumantoro, S.E kepada SWARA TIRTA beberapa hari lalu.


Disebutkan Jumantoro, langkah yang ditempuh meliputi pemetaan atau inventarisasi wilayah-wilayah yang dimungkinkan terkendala pelayanan air saat bulan Puasa dan Lebaran.

Kemudian untuk menjaga kualitas air, sambung Jumantoro, maka dilakukan pengurasan terhadap bak-bak reservoar. Sehingga, apabila terdapat endapan di dasar bak tidak sampai terbawa aliran ke pelanggan.

“Akibat pola konsumsi yang berubah, pemantauan di bagian produksi reservoar pada jam-jam konsumsi air betul-betul diperhatikan. Agar, saat terjadi beban puncak tidak drop secara drastis," tandas dia.

Meminimalisir gangguan transmisi distribusi, Perumda Air Tirta Binangun menggencarkan pengecekan dan sweeping jaringan.


“Di masing-masing cabang sudah ada tim nya sendiri, termasuk yang mengecek jalur pipa ke bandara YIA dan kawasan sekitarnya. Bahkan, ketugasannya tidak sebatas selama Ramadhan-Lebaran saja,” ujar Kepala Bagian Teknik Perumda Air Minum Tirta Binangun Sujoko, Rabu Pon (8/3/2023).

2 (dua) pekan sebelum Ramadhan, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana guna mengantisipasi kendala penyediaan air.

“Sarpras kita siapkan, seperti peralatan pompa, bahan bakar/kimia, suku cadang, dan lain-lain. Semua siap,” tutur Sujoko. (Prd)

No comments:

Post a Comment