Monday 27 March 2023

Kodim 0731 Kulon Progo Tanam Mangrove di Pasir Kadilangu Temon

TEMON (KONSIKA NEWS) - Pada hari Jumat, 03 Maret 2023. Dinas Lingkungan Hidup mengikuti kegiatan penanaman Mangrove di Wilayah Pantai Pasir Kadilangu, Temon, Kulon Progo. 

Acara ini diselenggarakan oleh Kodim 0731 Kulon Progo dalam rangka program penghijauan yang dilakukan oleh TNI. Pada kegiatan ini Dinas Lingkungan Hidup yang dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bapak Sumarsana, M.Si dan staf Seksi Pengkajian dan Konservasi Lingkungan mengikuti kegiatan degan diawali apel bersama saat di lokasi. 

Sesampainya di lokasi kami melaksanakan kegiatan bersama secara lintas sektor bersama dengan Kapanewon, Kalurahan, POLRI, perwakilan siswa siswi pramuka dan serta relawan. 


Acara ini bertujuan untuk program penghijauan di sempadan pantai di wilayah pantai selatan serta sebagai upaya reklamasi lahan bekas tambak udang. 

Penanaman bibit mangrove seluas kurang lebih 1 hektar dilaksanakan dengan metode penanaman dan di ikatkan pada bambu tegakan agar mangrove dapat tetap berdiri tegak hingga tumbuh menjadi pohon mangrove yang sudah memiliki akar dalam. 

Setelah kegiatan penanaman bibit mangrove selesai dilanjutkan dengan acara bincang – bincang sekaligus koordinasi wilayah dengan bapak panewu dan juga sektor lainnya mengenai permasalahan yang ada baik dari segi lingkungan hidup saat ini maupun kedepan. 

Tidak dipungkiri bahwa kawasan penanaman dekat dengan wilayah Yogyakarta Internasional Airport sehingga kedepan dimungkinkan pertumbuhan ekonomi yang pesat diimbangi dengan munculnya permasalahan lingkungan hidup yang harus sigap atasi. (Putri)

No comments:

Post a Comment