Wednesday 8 March 2023

Jaga Pasokan Air Tetap Bersih, Reservoar Gunung Kinjeng di Kulon Progo Dikuras

SENTOLO (KONSIKA NEWS) – Bagian dari upaya pemeliharaan rutin bersamaan menyambut Bulan Ramadhan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo melakukan pengurasan Reservoar Gunung Kinjeng yang berada di wilayah Padukuhan Ploso Kalurahan Banguncipto Kapanewon Sentolo.

Melibatkan lebih dari 3 (tiga) personil Tim Cabang Utara, pelaksanaan pengurasan berlangsung pada Rabu Wage (8/3/2023) sekira pukul 20.00 WIB.


Kepala Cabang Utara Perumda Air Minum Tirta Binangun, Rukan, mengatakan pekerjaan pengurasan tidak membutuhkan waktu lama, hanya berkisar 1,5 – 2 jam saja.

Di samping membersihkan endapan di reservoar yang berukuran 9x12x3 meter itu, pengurasan mengandung tujuan untuk menjaga agar air yang didistribusikan ke pelanggan selalu bersih dan terjamin kualitasnya sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk diketahui, air dari Reservoar Gunung Kinjeng dipasok ke sejumlah wilayah di Kapanewon Nanggulan, Girimulyo, dan Sentolo. Antara lain, Giripurwo dan sekitarnya, Ploso, Malangan, Dlaban, Pongangan, Sentolo Lor, Sentolo Kidul, Siwalan, Gedangan, Banyunganti, Kleben, Jangkang, sebagian Ngrandu Kaliagung, dan Sorodanten.


Hasil pemantauan SWARA TIRTA, pekerjaan pengurasan tidak mengakibatkan tersendatnya distribusi air bagi pelanggan di wilayah-wilayah tersebut.

Sehari sebelumnya, melalui berbagai media sosial, pihak perusahaan telah terlebih dahulu mengeluarkan himbauan kepada para pelanggan untuk menampung air sesuai dengan kebutuhan masing-masing. (Prd)

No comments:

Post a Comment