Tuesday 14 March 2023

Kirab Gunungan Nyadran Agung Kulon Progo : Bregodo Perumda Air Minum Tirta Binangun Ikut Berpartisipasi

WATES (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun mengirimkan bregodo untuk berpartisipasi dalam Kirab Gunungan Nyadran Agung Kabupaten Kulon Progo Tahun 2023.

Keikutsertaan tersebut sebagai tindak lanjut atas surat dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Nomor 000/0403 tanggal 03 Maret 2023 perihal Permohonan Menampilkan Gunungan Nyadran Agung 2023.

Mengenakan busana tradisional Jawa Gagrak Yogyakarta, bregodo Perumda Air Minum Tirta Binangun berjumlah 15 (lima belas) orang meliputi Staf Transmisi dan Distribusi, Operator, Staf Perencanaan, Staf Administrasi, Staf Hubungan Langganan, Staf Penagihan, dan Pengelola AMDK.

Bersama dengan bregodo Kapanewon dan BUMD, bregodo Perumda Air Minum Tirta Binangun mengarak Gunungan dari Gedung DPRD Kabupaten Kulon Progo menuju lokasi Nyadran Agung di Alun-Alun Wates, Selasa Wage (14/3/2023).


Ada yang istimewa dari Gunungan yang dikirab bregodo Perumda Air Minum Tirta Binangun.

Selain tersusun dari rangkaian aneka ragam hasil bumi berupa sayuran dan buah, gunungan dihiasi 2 (dua) untai Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) air “KU” kemasan botol.

Sebagaimana diketahui air “KU” termasuk produk lokal unggulan Kabupaten Kulon Progo yang diproduksi Perumda Air Minum Tirta Binangun.

Usai pemanjatan do’a dalam prosesi Nyadran Agung di Alun-Alun Wates, isi gunugan diperebutkan warga masyarakat Kulon Progo yang hadir.

Dalam siaran pers jelang acara, Pj. Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si mengatakan perhelatan Nyadran Agung untuk melestarikan adat tradisi memasuki bulan Sya’ban atau Ruwah.

“Tahun ini kita menyelenggarakan Nyadran Agung yang dipusatkan di Alun-Alun Wates Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 13 dan 14 Maret 2023. Dengan rangkaian kegiatan mujahadah, kirab, dan rangkaian upacara Nyadran Agung dan pagelaran wayang kulit. Mari kita ikuti kegiatan ini yang bisa memupuk rasa persaudaraan, semangat gotong royong, melestarikan adat tradisi budaya Jawa yang dapat menenteramkan hati,” kata Tri Saktiyana.

Nyadran Agung Tahun 2023 dimotori Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo dengan biaya bersumber dari Dana Keistimewaan.

Seluruh gelaran acara disiarkan secara live streaming melalui channel Youtube Dinas Kebudayaan Kulon Progo. (Prd)

No comments:

Post a Comment