Monday 13 March 2023

Songsong Ramadhan : Perumda Tirta Binangun Siap Genjot Produksi AMDK Kulon Progo

KULON PROGO (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo memprediksi permintaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) akan mengalami kenaikan pada Bulan Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri 2023.

Bagian dari persiapan, pihak perusahaan berencana meningkatkan kapasitas produksi AMDK asli Kulon Progo yaitu air “KU” mulai pertengahan Maret.

“Menyambut Puasa-Lebaran 1444 H tahun 2023, airKU akan lembur produksi dimulai pertengahan Maret ini dan akan digudangkan dahulu,” kata Kepala Unit AMDK Perumda Air Minum Tirta Binangun Meiritanto, S.E, Senin Pon (13/3/2023).


Ia menerangkan, hal itu dilakukan sebagai langkah mengantisipasi lonjakan permintaan yang diprediksi bergeser di awal April hingga Lebaran dimana puasa 80% di bulan April.

Selain itu, siklus konsumsi pasar diperkirakan akan merangkak naik di awal bulan april dan puncaknya setelah pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) serta arus mudik pekerja dari Jabodetabek yang pulang kampung.

“Produksi akan dinaikkan 40-50 %. Dari target harian yang biasanya kisaran 700 boks, akan dilemburkan menjadi 1000 - 1100an per hari,” sebutnya.

Dikatakan, fokus peningkatan produksi pada airKU varian cup 120 ml dan cup 240 ml.

“Biasanya selama puasa yang banyak terserap 240 ml. Kemudian, di pertengahan puasa sampai dengan lebaran yang 120 ml yang dicari,” imbuhnya.


Meiritanto mengatakan, untuk menyesuaikan kenaikan produksi, jam kerja karyawan pun akan ditambah dengan jam lembur.  

Ia berharap, semoga momen tahun ini airKU mampu mencukupi kebutuhan Air Mineral di Kulon Progo di bulan penuh berkah yang datang sebentar lagi.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo H. Jumantoro, S.E menekankan layanan perusahaan dalam menjamin ketersediaan airKU bagi masyarakat terlebih Bulan Ramadhan dan Lebaran.

“Pada saat Ramadhan atau Lebaran, tidak boleh ada masyarakat yang hendak memesan airKU kok tidak ada stoknya. Jangan sampai, ketika ada orang yang ingin membeli airKU tidak ada barangnya. Jangan sampai, pembeli itu berlari ke produk lain,” ujarnya.

Bahkan menurut Jumantoro, spesial menghadapi momen Ramadhan-Lebaran 2023, Perumda Air Minum Tirta Binangun telah merancang strategi sejak Januari.

“Sudah kita siapkan sejak awal tahun. Setiap hari produksi harus menyisihkan berapa boks untuk nanti momen Ramadhan dan Lebaran,” kata Jumantoro. (Prd)

No comments:

Post a Comment