Tuesday 30 May 2023

Sterilisasi Alat Mikrobiologi di UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kulon Progo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Pada tanggal 30 Mei 2023, UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo melakukan Persiapan Pemeriksaan Mikrobiologi, salah satu tahap melakukan sterilisasi di dalam laboratorium menjadi bagian yang penting untuk menghindari hasil positif palsu.

Sterilisasi terhadap alat dan bahan sebelum pelaksanaan kegiatan pemeriksaan mikrobiologi membantu hasil atau identifikasi yang akurat terhadap pemeriksaan mikrobiologi.

Demikian pula proses desinfeksi dan teknik aseptik oleh petugas juga tidak dapat dilupakan karena akan mempengaruhi hasil.


Sterilisasi didefinisikan sebagai upaya untuk membunuh mikroorganisme termasuk dalam bentuk spora.

Desinfeksi merupakan proses untuk merusak organisme yang bersifat patogen, namun tidak dapat mengeliminasi dalam bentuk spora.

Steriliasasi di UPT Laboratorium Lingkugan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo menggunakan metode pemanasan basah yang merupakan pemanasan dengan tekanan tinggi dengan menggunakan autoklav.

Sterilisasi dengan metode ini dapat digunakan untuk sterilisasi biohazard (bakteri limbah hasil pengujian) dan alat-alat yang tahan terhadap panas (bluetip, mikropipet), pembuatan media, dan sterilisasi cairan.

Pemanasan yang digunakan pada suhu 121oC selama 20 menit. (Panji)

No comments:

Post a Comment