Monday 29 May 2023

Belajar Pengelolaan Sampah Organik, DLH Ajak Pengelola Sampah di Kulon Progo Berkunjung ke Omah Maggot Jogja

YOGYAKARTA (KONSIKA NEWS) - Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo melalui Dana Keistimewaan melakukan pelatihan pengolahan sampah organik.

Salah satu upaya mengelolaan sampah organik melalui cara biokonversi /budidaya maggot dirasa sangat efektif dan lebih menguntungkan.


Selain berkontribusi mengurangi sampah organik yang masuk ke TPA cara ini bisa lebih cepat prosesnya dibanding cara lainnya dalam mengatasi sampah organik, selain itu maggot yang dihasilkan dapat mengurangi biaya pakan bagi mereka yang beternak unggas maupun ikan.

Selain untuk pakan ternak sendiri dalam skala rumah tangga, maggot juga bisa dijual baik dalam bentuk fres maupun kering.

Pada tanggal 23 mei 2023 yang lalu DLH Kulon progo mengajak kepada  kelompok pengelola sampah mandiri baik itu KSM TPS3R, Bank Sampah ataupun perwakilan dari kalurahan yang tahun 2022 kemarin mendapatkan sosialisasi pengelolaan sampah dari kegiatan yang bersumber dari Dais untuk ikut serta melihat langsung dan melakukan konsultasi ke peternak maggot  yang ada di Melikan Sumberharjo Prambanan Sleman.

Peserta sangat antusias mengikuti penjelasan dari Henry Supranto yang merupakan pengelola sampah organik dengan biokonversi  budidaya maggot.

Harapannya setelah mendapatkan pelatihan dari omah maggot, semua peserta dapat mereplikasikan di wilayahnya masing-masing.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan para peserta juga diberikan sosialisasi dan dibantu  peralatan oleh DLH KP yang berupa 1 paket kandang maggot sederhana untuk bahan latihan di wilayahnya masing-masing. (Ngadiran)

No comments:

Post a Comment