Tuesday 30 May 2023

DLH Kulon Progo Cek Pantai Trisik, Ini Tujuannya

GALUR (KONSIKA NEWS) - Pada hari Kamis 25 Mei 2023 kami Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo melakukan kunjungan ke Pantai Trisik.

Kunjungan kami ini ditujukan untuk survey lokasi rencana penanaman Anggur Laut atau Cocoloba urifera.

Penanaman ini ditujukan untuk memberikan habitat alam bagi penyu untuk bertelur.


Pantai Trisik ini sendiri selain karena pantainya yang cantik juga terkenal dengan Penangkaran Penyu yang dilakukan.

Penangkaran penyu juga masuk dalam kegiatan konservasi fauna akan tetapi sering kali masih belum banyak penyu yang saat naik ke daratan untuk meletakan telurnya, sehingga dalam kesempatan ini kami bertujuan untuk memperbaiki konservasi dari segi flora.

Tanaman Anggur laut atau Cocoloba urifera ini memiliki manfaat seperti sebagai peneduh yang cocok dalam lokasi pantai dan juga sebagai pemecah angin yang akan menuju ke daratan.


Hal ini juga dengan tujuan sebagai bentuk upaya mengurangi kerusakan bangunan maupun lingkungan yang dilalui angin laut.

Dengan harapan tanaman ini juga memiliki akar yang kuat sehingga nantinya akan mengurangi dampak abrasi yang terjadi di wilayah pantai selatan yang selama ini bertahun tahun tambah meluas ke arah utara, dan mengurangi luasan wilayah pantai.

Survei lokasi juga digadang sebagai bentuk mencari lahan untuk penanaman yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 dimana wilayah pantai trisik ini akan dijadikan sebagai wilayah green belt kedepannya. (Putri)

No comments:

Post a Comment