Monday 21 August 2023

Sekilas Tentang Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja Kabupaten Kulon Progo

NANGGULAN (KONSIKA NEWS) - Pada tanggal 14 Agustus 2023 Laboratorium Lingkungan melakukan pemantauan terhadap IPLT Desa Banyuroto, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten  Kulon Progo.

IPLT atau instalasi pengolahan lumpur tinja berfungsi menerima lumpur tinja dari penyedotan dan mengolahnya menjadi lumpur olahan yang lebih kering dan efluen atau air hasil olahan yang aman bagi lingkungan.

IPLT Konvensional yang berfungsi dengan baik pengolahan utama tidak menggunakan peralatan yang menggunakan listrik

Proses pengolahan lumpur tinja dibagi menjadi 5 tahap yaitu Penerimaan lumpur tinja, Pengolahan awal, Pemisahan, Pengolahan cairan, dan Pengolahan padatan. 


Sejumlah tahapan dalam pengelolaan lumpur tinja di IPLT Banyuroto, yaitu 1) Truk tinja yang terdaftar di IPLT memiliki QR Code yang akan di scan ketika sampai di IPLT, 2) Operator akan mengisi formulir untuk mengetahui sumber limbah sebelum dilakukan pembuangan, 3) Operator akan mengecek lumpur tinja, IPLT harus menolak  lupur tinja  yang mengandung bahan berbahaya dan beracun atau B3 IPLT wajib menolak, 4) Setelah proses pembuangan selesai maka akan dilakukan pembayaran retribusi sesuai volume lumpur tinja yang dibuang.

Pengolahan lumpur tinja pada IPLT Banyuroto menggunakan sistem konvensional, sebagai berikut.

Penerimaan lumpur tinja akan dibuang ke unit penerima, pembuangan harus melalui saringan untuk menyaring setelah proses pembuangan selesai truk lumpur tinja harus dipastikan dalam keadaan bersih sebelum keluar dari IPLT untuk menghindari ceceran sisa lumpur tinja.

Pemisahan padatan dan cairan akan terjadi proses pemekatan dan pemisahan antara padatan dan cairan lumpur tinja yang telah dibuang akan diberikan perlakuan khusus yaitu diratakan guna mempercepat proses pengeringan.

Pengolahan cairan akan dialirkan ke kolam stabilisasi untuk diolah pengolahan menggunakan bantuan mikroorganisme selanjutnya cairan akan melewati kolam Metland sebelum efluen dibuang ke lingkungan tempat pengolahan padatan selanjutnya.

Pengolahan padatan yang telah mengering dapat digunakan kembali sebagai pupuk tanaman non pangan pengolahan lumpur tinja.

Desain yang berbeda-beda dalam mengolah lumpur tinja tujuan pengolahan IPLT tetap sama.

Hasil pengolahan dari IPLT akan menghasilkan lumpur kering yang bisa dimanfaatkan menjadi pupuk tanaman non pangan dan juga air buangan yang memenuhi baku mutu, Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo melakukan pemantuan kualitas air limbah dari IPLT Banyuroto dalam kurun 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun. (Panji)

No comments:

Post a Comment