Sunday 6 August 2023

Pengumpulan Data di DLH Kulon Progo Didukung Penggunaan Google Earth

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja dalam melaksanakan kegiatan, Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan (PPL) menggunakan media Google Earth di dalam kegiatan Pengawasan Usaha/Kegiatan dan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat terhadap Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Kabupaten Kulon Progo.

Google Earth digunakan sebagai media pembantu dalam melihat dan mengetahui detail arah dan posisi suatu lokasi. Hal ini berguna untuk memudahkan staff ketika ingin mengetahui letak detail lokasi tertentu.

Dalam kegiatan pengawasan usaha/kegiatan, dapat diketahui letak titik, posisi, dan arah dalam peta usaha/kegiatan yang akan dilakukan pengawasan.


Sedangkan dalam kegiatan penanganan pengaduan masyarakat, dengan Google Earth dapat diketahui letak titik, posisi, dan arah dalam peta dugaan sumber pencemar yang dilaporkan.

Hal ini memudahkan staff untuk menuju lokasi tersebut, dapat dilihat letak badan air, kawasan RTH, lahan terbuka, permukiman, serta fasilitas umum di sekitar lokasi usaha/kegiatan yang akan dilakukan pengawasan maupun lokasi yang menjadi pengaduan masyarakat.

Dengan media Google Earth ini, staff dapat menyimpan peta lokasi yang dibutuhkan dalam penyimpanan project, yang dapat dibuka sewaktu-waktu sehingga memudahkan di dalam pelaksanaan maupun evaluasi kegiatan. (Citra)

No comments:

Post a Comment