Wednesday 9 August 2023

Malam Peringatan Hari Jadi ke-32, Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo Gelar Tirakat di Pelataran Pemandian Clereng

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo menggelar acara tirakatan pada malam peringatan Hari Jadi ke-32 di komplek Pelataran Pemandian Clereng wilayah Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih, Selasa Wage (1/8/2023).

Adanya tirakatan, menurut Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun H. Jumantoro, S.E merupakan sarana untuk memperingati dan mengingatkan kembali bahwa Perumda Air Minum Tirta Binangun sudah menginjak usia 32 tahun, meskipun seremoni peringatan baru dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu tahun kemarin dan sekarang.


“Insya Allah akan selalu menjadi agenda rutin tahunan karena merupakan wujud rasa syukur dan memperingati apa yang sudah dilaksanakan selama ini,” kata Jumantoro saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Usia 32 tahun, lanjut Jumantoro, diharapkan menjadi momentum yang tepat bagi perusahaan untuk semakin maju dan berkembang.

“Ibarat seorang perempuan, di usia 32 tahun itu sedang cantik-cantiknya. Oleh karena itu, seharusnya Perumda Tirta Binangun di usia ini juga sedang bagus-bagusnya. Dan, kesempatan itu bisa dimanfaatkan untuk pengembangan jaringan, pengembangan jumlah pelanggan baik air minum perpipaan maupun Air Minum Dalam Kemasan, “ tutur dia.


Menyoal keberadaan mata air Clereng, Jumantoro menegaskan Perumda Air Minum Tirta Binangun akan sebisa mungkin turut mendukung antara lain berupa retribusi yang diberikan kepada Pemerintah Kalurahan Sendangsari, termasuk didalamnya Padukuhan Mrunggi dan Padukuhan Secang.

Pihaknya tidak menampik kalau wisata air di Pemandian Clereng akhir-akhir ini sedang sepi karena memang faktor keadaan dan ada relevansi dengan siklus 40-50 tahunan.

“Tapi saya optimis bahwa upaya sosialisasi contohnya melalui airKU yang diproses dari sumber mata air Clereng ini, maka suatu saat tempat ini pasti akan kembali menjadi destinasi menarik,” ujar Jumantoro.


Dipimpin kaum rois Bambang Sutrisno, ratusan peserta dari kalangan internal perusahaan, pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan masyarakat sekitar khidmat mengikuti tirakatan dan khusyuk melafalkan bacaan tahlil serta memanjatkan do’a-do’a.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulon Progo H. Ponimin Budi Hartono, S.E.,MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo Triyono, S.IP.,M.Si, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah yang juga Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Binangun Eko Wisnu Wardhana, S.E, dan Lurah Sendangsari Suhardi tampak hadir langsung ikut bertirakat. (Prd)

 

No comments:

Post a Comment