Monday 14 August 2023

Pensiunan Senior PDAM Kulon Progo Bagikan Pengalaman dan Beri Wejangan di Malam Tirakatan

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – 2 (Dua) orang tokoh senior Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo hadir membagikan pengalaman sekaligus memberikan wejangan kepada karyawan dan karyawati perusahaan dalam acara malam tirakatan peringatan Hari Jadi ke-32 di Pelataran Pemandian Clereng, Selasa Wage (1/8/2023).

Keduanya adalah Bedjo dan Kaswanto, yang pernah puluhan tahun mengabdi di Perumda Air Minum Tirta Binangun.


“Saya mulai kerja tahun 1981. Waktu itu ikut proyek air bersih. Boleh dikatakan saya babat alas di sini, belum ada temannya,” tutur Bedjo yang pensiun dari PDAM tanggal 1 Desember 2016 silam.

Pengalaman yang tak terlupakan ketika bekerja di PDAM, imbuh Bedjo, yaitu menemukan uang senilai 8 ribu rupiah. Setelah disimpankan selama 2 bulan tidak ada yang ngaruhke, akhirnya uang itu dimilikinya. Dibandingkan kondisi saat ini, uang 8 ribu waktu itu nilainya sangat mbejaji.

Baik Bedjo maupun Kaswanto sama-sama menceritakan pengalaman mengikuti tes seleksi di Proyek Sarana Air Bersih (PSAB) DIY di Pengok Jl. Munggur Yogyakarta.

“Dulu mengoperasionalkan genset kalau mau mompa harus dipancing istilahnya. Terlebih dahulu diisi dengan 30-an pikul air,” kata Kaswanto.


Dia mengenang, pernah suatu ketika beberapa flange soket yang dikencangkan kembali menjadi kendor gegara di sela-sela pekerjaan ditinggal makan.

“Disarankan sesepuh setempat jangan diselani makan dulu. Ternyata benar dan akhirnya dapat berproduksi dengan baik,” kenang Kaswanto.

Dia menambahkan cerita beraroma mistis lainnya, diesel di pengolahan Clereng  hanya dapat dihidupkan setelah pukul 11.00 WIB. Sebelum pukul 11.00 WIB, diesel tidak dapat dinyalakan.

Kaswanto juga mengisahkan betapa susah menjaring pelanggan. Bahkan, dengan sistem “titip” meteran dan kelonggaran biaya pun tetap kesulitan menarik minat warga untuk berlangganan air PAM.


Di tangan karyawan yang lahir di era milenial, ia optimis Perumda Air Minum Tirta Binangun  akan berkembang dengan baik. Terbukti sekarang mampu mendapatkan pelanggan sebanyak 42 ribu SR dengan pendapatan mencapai 3,3 M tiap bulan.

Monggo kita saiyeg saeka kapti mikul dhuwur mendhem jero. Satu tekad satu tujuan manunggaling tekad lan karep. Bertekad bulat menuju satu tujuan menyatukan visi dan misi membuat program untuk dicapai output outcome secara bersama-sama,” ajak Kaswanto.

Pegawai PDAM yang purna tugas September 2015 itu mengatakan segala sesuatu kalau mempunyai tujuan yang sama, cita-cita yang sama, dikerjakan bersama dengan tekad dan semangat yang kuat hasilnya pasti hebat.

“Kerja diawali dengan bismillah, dijalani dengan lillah, akhiri dengan alhamdulillah, Insya Allah barokah dan istiqomah,” pesan Kaswanto kepada semua karyawan karyawati Perumda Air Minum Tirta Binangun yang masih aktif. (Prd)

No comments:

Post a Comment