Wednesday 16 August 2023

Pengakuan Mahasiswa Biologi UGM : Peroleh Banyak Pengalaman di DLH Kulon Progo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Nafidz Rahmadana Saputra mahasiswa S-1 Program Studi Biologi

Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) membeberkan kisahnya pasca menjalani kerja praktik di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo.

Nafidz menuturkan banyak hal yang diperoleh selama magang singkat satu bulan di DLH Kulon Progo.

“Antara lain, pembelajaran latihan bekerja secara real dan langsung di kantor, memahami dinamika kehidupan perkantoran, pemahaman mengenai Standard Operating Procedure (SOP) laboratorium, persiapan alat dan bahan pengambilan sampel air, SOP Pengambilan sampel air sungai dan limbah, terjun langsung dalam proses pengambilan sampel dan pengukuran parameter lapangan, proses penentuan nilai MPN fecal coli dengan proses pendugaan dan penetapan di laboratorium lingkungan, serta mendapatkan banyak pengalaman baru yang menyenangkan bersama staf-staf dan karyawan DLH Kulon progo,” tutur Nafidz kepada WARTA DLH, Selasa (15/8/2023).


Menurut Nafidz, pengalaman selama di DLH kulon progo semuanya berkesan. Namun, ada beberapa pengalaman yang paling berkesan.

“Yaitu ketika diajak kunjungan pengawasan ke Perumda Air Minum Tirta Binangun, kolam renang Trimolt di Lendah, Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Yogyakarta, Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik Yogyakarta, kemudian proses pengambilan sampel air sungai dan sampel air limbah IPAL, dan kegiatan - kegiatan laboratorium lainnya,” ujar Nafidz.

Mahasiswa UGM asal Temanggung itu berharap dapat mengimplementasikan pengalaman yang didapat ke dalam dunia perkuliahan seperti kedisiplinan dan tepat waktu.


“Ilmu-ilmu beserta pengalaman yang didapat nantinya juga dapat berguna dalam kehidupan kerja di masa yang akan datang serta dapat terus meningkatkan kapasitas diri untuk menjadi lebih baik,” harap dia.

Sesuai dengan pengajuan izin dari UGM, Nafidz Rahmadana Saputra berkesempatan kerja praktik secara luring di DLH Kulon Progo dari tanggal 17 Juli hingga 11 Agustus 2023 dengan tema penelitian “Analisis Kualitas Air Waduk Sermo Kabupaten Kulon Progo”. (Prd)

No comments:

Post a Comment