Wednesday 30 September 2020

Inilah Tema Dan Logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo Ke 69 Tahun 2020

KONSIKA NEWS, KULON PROGO – Bupati Kulon Progo telah menetapkan Tema Dan Logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo Ke 69 Tahun 2020.

Berdasarkan Surat Edaran Bupati Kulon Progo Nomor : 082 / 1135 Tentang Tema Dan Logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo Ke-69 Tahun 2020, Tema nya adalah “Dengan Semangat Hari Jadi ke-69, Kita Jadikan Tonggak Mewujudkan Kebangkitan Ekonomi Untuk Kulon Progo Maju”.

Tema tersebut mempunyai dua makna.

Pertama, adanya bandar udara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Temon yang diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi dan membuka peluang usaha bagi masyarakat setempat. Masyarakat harus berpartisipasi aktif dengan memanfaatkan peluang dan multiplier effect yang muncul dari adanya Bandar udara, sehingga tercipta kegiatan ekonomi usaha barang dan jasa. Pada masa Pandemi Covid-19 Kulon Progo siap masuk ke era Tatanan Kehidupan Baru, siap bangkit dari melemahnya sektor usaha yang berdampak pada perekonomian masyarakat.

Kedua, selaras dengan tema Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun 2020, yaitu Indonesia Maju.

Sedangkan, Logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo Ke-69 Tahun 2020 berbentuk angka 69 dengan background pesawat yang sedang lepas landas, berbalut kombinasi warna hijau dan kuning. Di bagian bawah logo, terdapat tulisan Kulon Progo yang khas dan tulisan tanggal peringatan.



Terdapat 4 (empat) makna filosofis dari logo.

Pertama, angka 69 yang terlihat seolah menyatu dan mirip dengan makanan khas Kulon Progo yaitu geblek renteng: menunjukkan bahwa masyarakat Kulon Progo bersatu dan mengedepankan semangat gotong-royong dalam membangun Kulon Progo. Di samping itu juga tersirat pesan moral agar semua elemen bersatu padu melawan Covid-19.

Kedua, gambar pesawat terbang yang sedang mengudara: menggambarkan bahwa Kulon Progo memiliki semangat untuk bangkit kembali menggerakkan roda perekonomian demi terealisasinya Kulon Progo maju.

Ketiga, warna kuning: lambang kemuliaan, keagungan.

Keempat, warna hijau: lambang kesuburan, kamakmuran, kesejahteraan.

Sehubungan dengan Tema dan Logo dimaksud, Bupati Kulon Progo Drs. H. SUtedjo menginstruksikan kepada Kepala Perangkat Daerah/Pimpinan BUMN/Pimpinan BUMD/Lurah untuk menyosialisasikan di lingkungan kerja masing-masing dan menyebarluaskan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kulon Progo. (Prd)

No comments:

Post a Comment