Monday 7 September 2020

DLH Kulon Progo Menyelenggarakan Pelatihan Dan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Di Kalurahan Giripurwo Kapanewon Girimulyo

KONSIKA NEWS, GIRIMULYO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Pelatihan Dan Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Kalurahan Giripurwo Kapanewon Girimulyo, Kamis (27/8/2020).

Kepala Seksi Persampahan Dan Pengembangan Kapasitas Bidang Tata Lingkungan DLH Kulon Progo Herri Setyowati, S.H mengatakan, DLH mengadakan kegiatan tersebut atas permohonan dari pengurus Bank Sampah di Giripurwo yang menginginkan pelatihan tentang pengelolaan sampah menjadi produk kerajinan.



“Kami menggelar pelatihan karena adanya keinginan dari bank sampah yang ada di Giripurwo terkait cara mengelola sampah menjadi produk-produk kerajinan,” tuturnya.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, Herri mengatakan, peserta sosialisasi hanya dibatasi 25 orang, berasal dari Bank Sampah Sastra, Bank Sampah Wadas Mandiri, Bank Sampah Barokah, dan Bank Sampah Destomber Berkah.

Sebagai narasumber pelatihan yaitu pegiat lingkungan Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) Merti Bawana Asri Kulon Progo Wahyu Bawaningsih dan Sudaryono.



“Bu Wahyu menyampaikan pemanfaatan limbah plastik menjadi produk kerajinan berupa bunga, bros, dan tas, sedangkan, Pak Sudaryono melatih pemanfaatan kain bekas menjadi pot,” imbuhnya.

Terselenggara atas kerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Giripurwo, Kepala DLH Kulon Progo Drs. Sumarsana, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi.

“Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat dan membantu kelancaran kegiatan. Semoga anggota Bank Sampah semakin semangat dalam mengelola sampah sehingga berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi keluarga,” ujarnya.



Sumarsana mengharapkan, peserta dapat menyebarluaskan ilmu dan wawasan dari hasil pelatihan kepada warga di pedukuhan masing-masing.

“Semoga ini bisa menginspirasi kalurahan-kalurahan yang lain untuk memfasilitasi kegiatan serupa. Dukungan dan pendampingan pihak kalurahan terhadap eksistensi Bank Sampah amat dibutuhkan,” tegasnya. (Prd)

No comments:

Post a Comment