Tuesday 8 September 2020

Di Kulon Progo : Pemasangan SR MBR Hingga Akhir Agustus 2020 Sudah Menembus Angka 88 Persen

KONSIKA NEWS, WATES – Pemasangan Sambungan Rumah (SR) Program Hibah Air Minum Perkotaan APBN bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Tahun Anggaran 2020 oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo sampai dengan akhir bulan Agustus telah menembus angka 88 persen dari target yang ditetapkan.

Berdasarkan data laporan progresif per 31 Agustus 2020, SR terpasang sebanyak 1382 unit dari target 1575 unit.



“Perinciannya di cabang tengah 155 SR, utara 669 SR, selatan 515 SR, dan Samigaluh 43 SR,” kata Staf Bagian Pemeliharaan Umum Dan Logistik merangkap Penanggungjawab Sistem Informasi Manajemen PDAM Tirta Binangun Tri Harsoyo, Selasa (1/9/2020).

Dari total capaian, cabang utara yang mencakup Kapanewon Nanggulan, Girimulyo, dan Sentolo berhasil meraih persentase tertinggi yakni 99 %.

“Target pemasangan di cabang utara adalah 673 SR. Dengan demikian, di sana telah tercapai 99 %,” ujarnya.



Terendah, kata dia, pemasangan di Kapanewon Samigaluh karena baru mencapai 43 SR dari target 124 SR.

Kepala Hubungan Langganan PDAM Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo Sutopo menjelaskan, terdapat 4 faktor yang mempengaruhi rendahnya target di Samigaluh.

“Faktor yang dimaksud yaitu tingkat kepadatan penduduk, keterjangkauan jaringan, minat menjadi pelanggan, dan terdapat sumber air lain,” jelasnya.



Faktor utama, menurutnya, adalah jaringan PDAM yang belum menjangkau seluruh wilayah Samigaluh.

“Diperlukan investasi berskala besar untuk menyediakan jaringan perpipaan yang dapat menjangkau keseluruhan,” ucapnya. (Prd)

No comments:

Post a Comment