Saturday 23 March 2024

Perumda Tirta Binangun Peroleh Pendampingan untuk Persiapan Audit SNI AMDK

WATES (KONSIKA NEWS) – Menjelang pelaksanaan audit Standar Nasional Indonesia (SNI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) air “KU” yang diproduksi oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo, pihak perusahaan memperoleh pendampingan dari konsultan.

Pendampingan mempunyai maksud mematangkan persiapan sebelum dilakukan audit.

“Pendampingan SNI itu memang fungsinya adalah untuk pra audit SNI. Jadi, konsultan di sini adalah membantu kami untuk melengkapi data-data dan kelengkapan sarana prasarana adanya audit SNI produk,” kata Kepala Unit AMDK Perumda Air Minum Tirta Binangun Meiritanto, S.E, Senin Wage (18/3/2024).


Meiritanto menambahkan, dengan adanya pendampingan dari konsultan maka diharapkan hal-hal yang berpotensi menjadi temuan dapat diminimalisir sehingga pelaksanaan audit berjalan dengan baik. 

“Untuk pelaksanaan pendampingan sendiri sudah berjalan 1 minggu dan hari Rabu (tanggal 20 Maret 2024-red) kami akan ada audit yang datang langsung dari Surabaya untuk melakukan proses sertifikasi AMDK dalam hal ini airKU dan juga melakukan survei ke Pabrik AMDK,” sambungnya.

Meiritanto menjelaskan, SNI produk memang harus dilakukan audit setiap satu tahun sekali sesuai dengan jadwal dari Lembaga Sertifikasi Produk atau LSPro. Keperluan audit, Perumda Air Minum Tirta Binangun bekerjasama dengan Baristand Surabaya.

“Kami setiap satu tahun sekali melakukan penjaminan mutu, yang dalam hal ini melakukan audit sertifikasi SNI yang dilaksanakan oleh Baristand Surabaya sebagai lembaga independen yang nantinya akan memberikan rekomendasi tentang kelayakan produk maupun kelayakan sistem manajemen mutu yang diterapkan di AMDK airKU ini,” jelasnya. (Prd)


No comments:

Post a Comment