Monday 25 March 2024

Direktur PDAM Kulon Progo Imbau Pelanggan Rutin Tampung Air, Jaga-Jaga Bila Ada Kendala Layanan

WATES (KONSIKA NEWS) – Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo H. Jumantoro, S.E menyampaikan himbauan kepada para pelanggan agar secara rutin menampung air bersih, terlebih di bulan Ramadhan dan momentum Lebaran.

Hal itu sebagai salah satu upaya untuk tetap menjaga ketersediaan air manakala pemakaian secara bersamaan pada jam-jam puncak maupun ketika sewaktu-waktu terjadi kendala pelayanan.

“Di bulan puasa ini kan ada pergeseran pola pemakaian. Jadi pergeserannya dengan hari-hari biasa, kalau pagi mungkin lebih awal, sore secara bersama juga bisa lebih awal. Kemudian di Idul Fitri itu kan nanti hampir mayoritas semua pelanggan secara bersama menggunakan air. Nah makanya kan saya menghimbau pada pelanggan ya paling tidak tiga atau 2 hari sebelum hari H (Idul Fitri-red) melakukan penampungan air. Jadi sekiranya apa yang bisa untuk menampung air ya saya mohon untuk semuanya bisa mengantisipasi,” kata Jumantoro saat jumpa pers di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tirta Binangun, Sabtu Wage (23/3/2024).

Jumantoro menambahkan, H-1 hingga Idul Fitri sore hari memang rentan gangguan pasokan air bersih.

“Karena di situ pas beban puncak. Nah, kalau masyarakat pelanggan sudah bisa menampung air kan tidak terlalu terkendala. Nah ini saya menghimbau kesadaran dari pelanggan untuk melakukan penampungan air,” ujarnya.

Menurut Jumantoro, meski Tim PDAM sudah berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan namun terkadang gangguan teknis yang terjadi sering kali tidak dapat diprediksi sebelumnya.


“Contohnya, misalnya menjelang (Idul Fitri) justru malah ada pipa yang bocor. Kebetulan ternyata pipanya juga pipa utama. Ini kan juga jadi kendala yang di luar prediksi kemampuan kami. Kemudian untuk normalisasi juga butuh waktu. Nah masyarakat biasanya kan enggak sabar untuk menunggu. Saya mohon kesadaran dan kesediaan pelanggan untuk ikut bantu kami ya dalam hal menampung air. Kemudian juga terkait dengan penggunaan air ini secara hemat,” tutur dia.

Upaya edukasi kepada pelanggan, pihak perusahaan telah menyebarluaskan e-flyer terkait himbauan menampung air dengan menggunggahnya melalui berbagai media sosial. (Prd)

No comments:

Post a Comment