Sunday 21 January 2024

Perumda Tirta Binangun Siap Operasikan IPA Mobile, Dukung Pelayanan di Wilayah Cabang Selatan

LENDAH (KONSIKA NEWS) – Mengantisipasi peningkatan pemakaian air bersih oleh pelanggan terlebih di bulan Ramadhan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo merancang beberapa strategi.

Salah satunya, adalah dengan menyiapkan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Mobile.

“Untuk menghadapi kebutuhan air di puasa dan lebaran akan kita manfaatkan IPA mobile ini sebagai antisipasi atau cadangan bilamana ada kebutuhan yang meningkat. Hanya sebagai antisipasi untuk cadangan kebutuhan manakala meningkat,” ujar Kepala Bagian Teknik Perumda Air Minum Tirta Binangun, Sujoko, kepada awak media, Jum’at Kliwon (19/1/2024).

Sujoko menambahkan, meski IPA tersebut hanya berkapasitas 5 liter per detik akan tetapi cukup mendukung pelayanan.


“Sudah lumayan. Barangkali nanti bisa untuk menambah kebutuhan air di pengolahan Bendung Sapon manakala ada peningkatan konsumsi di bulan-bulan yang diasumsikan nanti akan meningkat pemakaian di pelanggan,” imbuhnya.

Sujoko menerangkan, IPA Mobile peruntukannya yaitu mengolah air baku menjadi air bersih. Prosesnya sama dengan IPA konvensional lainnya.

“Cuman ini didesain di dalam seperti mobil lah ada roda sehingga bisa dipindah kemana-mana sesuai dengan kebutuhan. IPA ini bisa dimanfaatkan juga untuk mengolah air di Lendah, di Sungai Progo juga bisa. Makanya akan kita manfaatkan,” jelasnya.

Menurut Sujoko, Perumda Air Minum Tirta Binangun baru memiliki IPA Mobile sejumlah 1 unit yang berasal dari bantuan Provinsi beberapa tahun lalu. IPA tersebut ditempatkan di SPAM Lendah dan dipelihara secara rutin sehingga dalam kondisi baik.

Dari segi pemakaian, ia mengatakan IPA Mobile terbukti efektif dan efisien.

“Bisa dibilang efisien dan punya efektivitas yang tinggi karena selain juga praktis, juga desainnya yang kecil. Juga bisa maksimal dalam melakukan pengolahan air. Sehingga, nanti diharapkan akan dapat mensupport dari kebutuhan air bersih di pengolahan Bendung Sapon,” tuturnya. (Prd)

No comments:

Post a Comment