Sunday 14 January 2024

Penanaman Pohon di Bandara YIA : DLH Kulon Progo Turut Berpartisipasi

TEMON (KONSIKA NEWS) – Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo berperan serta dalam penanaman pohon di kawasan Bandar Udara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport), Minggu (14/1/2024).

Tim DLH dipimpin oleh Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan, Toni, S.IP.,M.AP.

Penanaman pohon diprakarsai oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa bekerjasama dengan PT. Angkasa Pura 1 (Persero) dan sejumlah instansi terkait.


Pohon yang ditanam berjumlah 140 bibit, terdiri dari 100 bibit Tabebuya dan 40 bibit Ketapang Kencana.

Dijelaskan panitia penyelenggara, kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden RI pada acara penanaman pohon di Ibukota Nusantara (IKN) agar dilakukan penanaman pohon sepanjang musim penghujan tahun 2023/2024 dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 1 Tahun 2024 tanggal 10 Januari 2024 tentang Penanaman Pohon Serempak Tahun 2024.

Di saat yang bersamaan, Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya meluncurkan Tanara Clean Up yang disiarkan streaming dari Tanara Kabupaten Serang Provinsi Banten.

"Hari ini melalui program Tanara Clean Up, masyarakat diajak untuk ikut membersihkan sungai, mempelajari pengelolaan sampah, membangun ekoriparian agar area sungai lebih bersih dan indah, serta dilakukan pula penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia dari Tanara untuk Indonesia," tutur Ma’ruf dalam sambutannya. (Prd)

No comments:

Post a Comment