Wednesday 24 January 2024

DLH Kulon Progo Raih Peringkat 1 PPID Award Tingkat Kabupaten Tahun 2023

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berhasil meraih prestasi puncak dalam pengelolaan PPID di Kabupaten Kulon Progo.

Capaian prestasi itu diperoleh DLH dengan menempati peringkat 1 untuk kategori Setwan/Dinas/Badan pada tahun 2023 kemarin.

Piagam dan plakat penghargaan diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T.,M.T kepada Kepala DLH Drs. Sumarsana, M.Si dalam acara Puncak Penghargaan PPID Award 2023 yang digelar di Aula Lantai 2 Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulon Progo, Jum’at (25/8/2023).

Saat memberikan sambutan, Ni Made mengungkapkan bahwa keberadaan PPID adalah penting dan strategis dalam menjamin Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di setiap Badan Publik untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang transparan, efektif, efisien, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan.


"Seperti kita ketahui bersama bahwa keterbukaan informasi atau jaminan atas akses publik terhadap informasi sistem negara yang demokratis dan tata pemerintahan yang baik merupakan tiga hal yang sangat fundamental dalam sebuah negara demokrasi," tuturnya.

Lebih lanjut Ni Made mendorong agar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lebih mengoptimalkan peran dan fungsinya dalam melayani masyarakat sehingga hak memperoleh akses informasi terpenuhi dengan baik.

"Semoga dengan penghargaan tersebut dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi Dinas/Badan, Kapanewon maupun Kalurahan lainnya untuk lebih maju dalam mengelola Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Kulon Progo," harapnya.

Berbeda dengan pemberian penghargaan di tahun-tahun sebelumnya, PPID Award tahun 2023 ada yang istimewa.

Dari hasil penilaian Dewan Juri, ternyata terdapat 3 OPD yang memperoleh nilai 100. Yaitu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Inspektorat Daerah (Irda), dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Ketiga OPD tersebut dinobatkan sebagai Peringkat 1 PPID Award Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2023 untuk kategori Setwan/Dinas/Badan. (Prd)

No comments:

Post a Comment