Monday 8 January 2024

Bantu Penanganan Bencana Longsor di Samigaluh, Perumda Tirta Binangun Distribusikan airKU

SAMIGALUH (KONSIKA NEWS) – Berkontribusi dalam upaya penanganan bencana tanah longsor yang terjadi di wilayah Kapanewon Samigaluh, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo menyalurkan bantuan logistik berupa Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) air “KU”.

Kepala Unit AMDK Perumda Air Minum Tirta Binangun Meiritanto, S.E menuturkan, jumlah air “KU” yang didistribusikan mencapai puluhan karton, sehingga teknis penyalurannya terbagi dalam 2 (dua) tahap.

“Kami mendistribusikan airKU, sesuai instruksi Pak Direktur 40 karton yang kita bagi 2 tahap. Di Jum’at sore, 19 karton kemasan 600 ml. Kemudian, di hari Sabtunya kita tambahkan 21 karton sehingga total 40 karton,” kata Meiritanto kepada SWARA TIRTA usai penyaluran bantuan.

Ia mengungkapkan, bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian sosial Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo.



“Sifat dari bantuan tersebut memang sebagai tanggap bencana tanah longsor di Samigaluh,” ujarnya.

Diwartakan, hujan deras dengan durasi cukup lama mengakibatkan bencana alam tanah longsor di Padukuhan Clumprit Kalurahan Gerbosari Kapanewon Samigaluh, Kamis Kliwon (4/1/2024).

Menurut Panewu Anom Kapanewon Samigaluh Christina Esti Winarni, S.H, terdapat 7 Kepala  Keluarga (KK) yang mengungsi karena terdampak longsoran.

“Di kapanewon Samigaluh Kalurahan Gerbosari Padukuhan Clumprit ini yang terdampak longsor ada 7 KK. Dari 7 KK itu ada 17 jiwa dua diantaranya balita, yang mengungsi di Kantor Kapanewon Samigaluh”, kata Esti.

Tak hanya berdampak pada bangunan rumah warga, material longsoran sempat menutup akses jalan kabupaten yang menghubungkan Padukuhan Clumprit dengan Ngroto.

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T.,M.T bersama dengan rombongan melakukan peninjauan lokasi bencana, Jum’at Legi (5/1/2024).

Mendapatkan dukungan dan kerjasama berbagai pihak, saat berita ini diturunkan bencana sudah tertangani dengan baik. Warga yang mengungsi sudah kembali ke tempat masing-masing dan jalan Clumprit-Ngroto dapat dilalui kembali. (Prd)

No comments:

Post a Comment