Tuesday 23 January 2024

Masjid Agung Kulon Progo Akan Dilengkapi Fasilitas Zona Air Minum Prima

WATES (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun melakukan koordinasi bersama dengan Pemerintah Kabupaten dan Takmir Masjid Agung Kulon Progo, Kamis Wage (18/1/2024).

Pokok pembahasannya, berkaitan dengan rencana penambahan fasilitas berupa Zona Air Minum Prima atau disingkat ZAMP di Masjid Agung Kulon Progo.

“Dari hasil koordinasi kemarin, bahwa memang dari PDAM (Perumda Air Minum Tirta Binangun-red) akan memfasilitasi atau memberikan fasilitas untuk fasilitas umum berupa ZAMP atau Zona Air Minum Prima yang nantinya akan diletakkan atau diposisikan di Masjid Agung,” kata Kepala Unit AMDK Perumda Air Minum Tirta Binangun Meiritanto, S.E yang hadir langsung dalam pertemuan.

Menurut Meiritanto, pemilihan komplek Masjid Agung untuk penempatan ZAMP dikarenakan posisinya yang strategis.

“Mengapa kami memilih di Masjid Agung? karena Masjid Agung lokasinya cukup strategis. Kemudian, pasti dikunjungi banyak jama'ah, baik lokal maupun luar kota. Kadang sering buat ampiran (untuk beribadah-red). Sehingga, penempatan ini dirasa cukup strategis untuk pelayanan ke masyarakat umum,” ungkapnya.


Meiritanto menjelaskan, dari segi perencanaan, akan dibangun 1 gedung permanen berukuran sekitar 2 m x 3 m di lingkungan Masjid Agung sebelah luar.

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu Detail Engineering Design (DED) atau Rancang Bangun Rinci agenda pembangunan dari Masjid Agung.

“Biar nanti sinkron dan tidak 2 kali kerja. Untuk hasil sendiri, disepakati bahwa memang dari Masjid Agung juga mengijinkan kemudian dari Pemda dalam hal ini sebagai pengampu dari Masjid Agung juga mengijinkan. Nantinya, akan ada surat lanjutan dari Pemda untuk mengijinkan ke PDAM. Bahwasanya PDAM diperbolehkan menggunakan lahan untuk pembangunan ZAMP tersebut,” jelas Meiritanto.

Sementara itu, menyinggung biaya pembangunan ZAMP, ia menyebut anggaran 100 % berasal dari PDAM baik asset maupun bangunan hingga perawatannya.

“PDAM hanya pinjam lahan saja ke Pemda yang lahannya Masjid Agung itu. Terus untuk keseluruhannya itu dari PDAM semua,” ujar Meiritanto.

Pertemuan koordinasi yang digelar di Aula Masjid Agung tersebut dihadiri pula Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo Drs. Agus Hidayat, M.Si dan Drs. H. Fauzan selaku Takmir. (Prd)

No comments:

Post a Comment