Thursday 27 April 2023

Terkait Persampahan, DPRD Kabupaten Semarang Kunker ke DLH Kulon Progo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Pada hari Jumat, 14 April 2023, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo menerima kunjungan kerja (kunker) dari DPRD Kabupaten Semarang dan DLH Kabupaten Semarang dalam rangka pendalaman referensi dan informasi terkait “Pengelolaan Kebersihan dan Persampahan” yang ada di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Kajian Pendalaman Bidang Tugas Komisi C DPRD Kabupaten Semarang ini dihadiri oleh: a) Pimpinan DPRD Kabupaten Semarang; b) Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Semarang; c) DLH Kabupaten Semarang; dan d) Sekretariat DPRD Kabupaten Semarang.  


Kunjungan kerja ini bertujuan guna menambah referensi dan melengkapi informasi terkait, “Pengelolaan Kebersihan dan Persampahan” di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan kunjungan kerja di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo ini diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo, Bapak Drs. Sumarsana, M.Si.; Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan, Bapak Toni, S.I.P., M.A.P., dan Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda pada Bidang Tata Lingkungan, Bapak Ngadiran, S.E. di Ruang Rapat Aula Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo.

Solusi terkait Pengelolaan Kebersihan dan Persampahan yang disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo adalah berupa “Gerakan Kelola Sampah di Tingkat Desa”, dengan tujuan pengurangan sampah mulai dari sumbernya.


Aktualisasi “Gerakan Kelola Sampah di Tingkat Desa” adalah melalui TPS-3R dan Bank Sampah, yang berupa unit sosial dengan cara memberdayakan masyarakat di tingkat Desa. Target jangka panjang ke depan adalah terbangunnya minimal 1 (satu) TPS-3R di tingkat Desa dan 1 (satu) Bank Sampah di tingkat Padukuhan.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo pada saat ini telah dan sedang melaksanakan sosialisasi “Gerakan Kelola Sampah di Tingkat Desa” melalui kegiatan Gropyok Sampah dan Grebeg Sampah secara rutin setiap tahunnya. (Himawan)

No comments:

Post a Comment