Sunday 9 April 2023

Perumda Tirta Binangun Raih Penghargaan Level Tertinggi Bintang 5 di TOP BUMD Awards 2023

JAKARTA (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil meraih Penghargaan Level Tertinggi Bintang 5 dalam ajang TOP BUMD Awards Tahun 2023.

Tropi penghargaan diterima langsung oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun H. Jumantoro, S.E saat puncak acara penganugerahan TOP BUMD Awards 2023 yang dihelat di Dian Ballrom Hotel Raffles Jakarta, Rabu Legi (5/4/2023).

Penyelenggara penghargaan tersebut adalah Majalah Top Business, bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (I-Otda) dan didukung beberapa lembaga antara lain Lembaga Kajian NawaCita (LKN), SGL Management, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K. Harriman and Associate, Solusi Kinerja Bisnis (SKB), serta sejumlah staf pengajar dari Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran Bandung.


Adapun Dewan Juri TOP BUMD Awards 2023 terdiri dari Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA (Mantan Dirjen OTDA Kemendagri RI dan Presiden i-OTDA), Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA (Pendiri i-OTDA), Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H., M.H. (Dewan Pakar i-OTDA),  Prof. Ir. Ruslan Prijadi, MBA, Ph.D (Guru Besar Universitas Indonesia), Prof. Dr. HM. Wahyudin Zarkasyi., CPA (Guru Besar Unversitas Padjadjaran Bandung), Prof. Dr. Hj. Ernie Tisnawati Sule, S.E., MSi (Guru Besar Universitas Padjajaran), Ir. Agung Muyana S, MSc (Dewan Pakar i-OTDA/Mantan Dirjen PUM Kemendagri), Prof. Dr. Bramantyo Djohanputro (Direktur Eksekutif PPM Manajemen), Dr. J. Kristiadi (Pendiri i-OTDA, Dr Aldrin Herwany, SE, MM, Dr Sofi Suryasnia (CWMA), serta beberapa juri lainnya.

Saat sambutan, Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A selaku Ketua Dewan Juri menjelaskan kriteria penilaian yang digunakan dalam penghargaan TOP BUMD Awards 2023. Kriteria tersebut mengacu pada empat aspek penting untuk menentukan bintang penghargaan dari Level Bintang 1 hingga Level Tertinggi Bintang 5.

Pertama, aspek pencapaian kinerja bisnisnya baik dan berkelanjutan (achievement). Kedua, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terus melakukan perbaikan (improvement). Ketiga, aspek kontribusi dalam pembangunan daerah. Keempat, inovasi BUMD untuk mendukung bisnis BUMD agar tumbuh berkelanjutan.

Di samping empat kriteria itu, ada tambahan kriteria untuk mendapat Level Tertinggi Bintang 5, yaitu BUMD yang dapat menjadi benchmark/contoh/inspirasi bagi BUMD lainnya. BUMD Bintang 5 harus memiliki kinerja bisnis yang sangat baik, dan ada hal-hal tertentu yang dinilai sangat menonjol sehingga layak direkomendasikan menjadi benchmark bagi BUMD lainnya.

Dilansir dari laman https://www.topbusiness.id/, Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2023 sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani menyatakan, TOP BUMD Awards merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala Daerah) terbaik di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional,” ujar Lutfi dalam siaran persnya.

Dijelaskan Lutfi, TOP BUMD Awards 2023 mengangkat tema “Inovasi dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD”. Inovasi sangat penting bagi BUMD, sebab jika inovasi ditularkan akan mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh.

 

“BUMD adalah aset milik Pemda (Pemerintah Daerah). Dan bila semua terus inovatif-maju, tentu BUMD bukanlah sekadar aset daerah tetapi juga menjadi aset bangsa Indonesia. Sebab mereka mendukung pembangunan merata untuk Indonesia yang maju. Dengan demikian, permasalahan seperti kemiskinan dan lain-lain, lebih mudah diselesaikan karena peranan BUMD,” terangnya.

 

Menurut Lutfi, TOP BUMD Awards 2023 diikuti oleh 208 BUMD dari total sekitar 1.056 BUMD di Indonesia. Dibandingkan dengan penyelenggaraan sebelumnya, tahun ini ada sesi nilai tambah dalam wawancara penjurian. Pada akhir wawancara penjurian, Dewan Juri memberikan saran masukan kepada setiap BUMD untuk peningkatan kinerja dan layanan.



 

Ditambahkan Lutfi, ada Penghargaan Kategori Khusus meliputi TOP of the TOP BUMD 2023, Golden Trophy (Peraih Bintang 5 selama 3 tahun berturut-turut), TOP CEO BUMD 2023, dan TOP Pembina BUMD 2023 (Gubernur, Walikota, Bupati).

 

“Penghargaan kategori TOP Pembina BUMD diberikan kepada Gubernur, Bupati atau Walikota yang BUMD-nya mendapat penghargaan. Keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan dari kepala pemerintahan setempat,” kata Lutfi.

Dalam acara tersebut, Pj. Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si dinobatkan sebagai Top Pembina BUMD 2023, seiring keberhasilan Perumda Air Minum Tirta Binangun menyabet penghargaan TOP BUMD Awards.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo Ir. Bambang Tri Budi Harsono, M.M hadir di Jakarta mewakili Pj Bupati untuk menerima penghargaan. (Prd)

No comments:

Post a Comment