Monday 9 September 2024

Manunggal Fair Kulon Progo Expo 2024 : Berikut Ini Tema, Tagline, Logo, dan Maskotnya

WATES (KONSIKA NEWS) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo akan menggelar Pameran Manunggal Fair/Kulon Progo Expo sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi ke-73 Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024.

Manunggal Fair/Kulon Progo Expo Tahun 2024 direncanakan berlangsung sekitar 9 hari, mulai 27 September hingga 5 Oktober 2024 bertempat di komplek Taman Budaya Kulon Progo.

Berkaitan dengan event tersebut, Pemkab Kulon Progo telah menetapkan Tema, Tagline, Logo, dan Maskot Manunggal Fair Tahun 2024 sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Bupati Kulon Progo Nomor 003/3065 Tanggal 22 Agustus 2024.

Tema Manunggal Fair Tahun 2024 adalah “Tembayatan Bebarengan mBangun Kulon Progo, Gugur Gunung Tandang Gawe”.


Tema tersebut mempunyai makna mengajak seluruh stakeholder di Kabupaten Kulon Progo meliputi Pemerintah, Pemerintah Daerah, swasta, dan masyarakat untuk bersama-sama tanpa membedakan status dan golongan, bekerja dan berkarya dalam pembangunan Kabupaten Kulon Progo.

Sementara itu, tagline Manunggal Fair Tahun 2024 yaitu “Gayeng” akronim dari Gawe Ayem lan Regeng.

Tagline bermakna Manunggal Fair Tahun 2024 merupakan event untuk seluruh warga Kulon Progo agar bahagia, gayeng, regeng, dan ayem.

Di dalam Logo Manunggal Fair terdapat sejumlah unsur berupa 1) tulisan Kulon Progo, menunjukkan nama daerah/kabupaten, 2) gambar Topi Tarian Angguk, menunjukkan Tarian Angguk sebagai salah satu tarian khas Kabupaten Kulon Progo, 3) warna template hijau dan kuning emas, merujuk warna Keraton dan Logo Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta merah dan putih, merujuk warna bendera Negara Republik Indonesia yang menunjukkan sikap berani dengan mendasarkan kesucian hati yang bersih dalam bertindak.

Maskot Manunggal Fair Tahun 2024 berupa Tarian Robot Angguk.

Maskot ini dideskripsikan, 1) menyelaraskan kearifan lokal dan tradisional Kabupaten Kulon Progo terhadap perkembangan teknologi yang semakin pesat, 2) membantu menyadarkan warga masyarakat terhadap perkembangan teknologi dan harus selalu siap beradaptasi. (Prd)

No comments:

Post a Comment