Thursday 22 August 2024

Perumda Air Minum Tirta Binangun Kerjasama Dengan BKSDA Yogyakarta : Sediakan Sarana Minum Satwa di Suaka Margasatwa Sermo

 KOKAP (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda)Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo melakukan pemasangan sarana minum bagi satwa yang berada di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Sermo.

Pemasangan tersebut menindaklanjuti permohonan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta.

“Awalnya ada surat dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta pada tanggal 27 Mei 2024, yang intinya permohonan pemasangan kran air minum atau sambungan layanan ke Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo pada 4 lokasi di kawasan BKSDA Sermo dalam hal ini di kawasan Suaka Marga Satwa Sermo. Yang tujuannya, adalah untuk menyediakan sarana minum satwa baik burung, unggas, dan satwa lainnya di beberapa lokasi di kawasan SM Sermo,” ungkap Kepala Bagian Teknik Perumda Air Minum Tirta Binangun Sujoko kepada awak media, Jum’at Kliwon (16/8/2024).

Ditambahkan Sujoko, atas dasar itu kemudian melakukan survei lokasi pada tanggal 6 Juni 2024 dan membalas surat BKSDA Yogyakarta tanggal 19 Juni 2024 yang intinya Perumda Air Minum Tirta Binangun menyanggupi untuk melakukan pemasangan kran air minum guna sarana minum satwa di kawasan SM Sermo.

“Dari 4 lokasi tersebut yang kami izinkan kami setujui hanya 3 lokasi, yaitu di sekitar Wisma Pemda, kemudian di sebelah utara Gemulung (perempatan Gemulung), dan yang ketiga di Klepu (di selatan Reservoar Klepu). Nah, dari ketiga lokasi ini sudah disepakati juga oleh BKSDA Yogyakarta dalam hal ini BKSDA perwakilan yang di Sermo untuk dilanjutkan ke pemasangan. 1 lokasi yang tidak disetujui sebab jauh dengan jaringan pipa PDAM,” jelas dia.

Sujoko menuturkan, pada tanggal 15 Agustus kemarin diadakan seremoni penyerahan tutup watermeter sebagai simbolis pemasangan sambungan layanan dan dihadiri oleh perwakilan dari BKSDA Yogyakarta, Widodo.

“Harapannya bisa berfungsi sesuai dengan rencana yaitu untuk memberikan sarana minum satwa yang sudah disediakan atau nanti akan disediakan oleh pihak BKSDA Sermo di kawasan Suaka Margasatwa Sermo ini untuk sarana minum satwa di sana. Nah memang itu sebagai bentuk dari kerjasama yang baik antara Perumda Air Minum dengan pihak BKSDA. Jadi kami saling kerjasama, saling melengkapi, dan saling bantu membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan air minum satwa di sana dan untuk menjaga kelestarian hewan-hewan di sana,” pungkasnya. (Prd)

No comments:

Post a Comment