Wednesday 28 August 2024

Kulon Progo Wilayah Selatan Sempat Terkendala Pasokan Air, Berikut Ini Penjelasan dari PDAM

LENDAH (KONSIKA NEWS) – Layanan pasokan air bersih dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun bagi para pelanggan di Kabupaten Kulon Progo wilayah selatan sempat mengalami kendala pada hari Minggu-Senin (25-26 Agustus 2024).

Kepala Bagian Teknis Perumda Air Minum Tirta Binangun Sujoko mengungkapkan, kendala tersebut bukan dikarenakan masalah teknis di Perumda. Akan tetapi, karena ada pekerjaan pengurasan Bendung Sapon yang kemudian berdampak ke intake SPAM Lendah.


“Itu sebenarnya gangguan kemarin di Lendah itu karena gangguan dari pihak eksternal. Dalam hal ini adalah gangguan dari wilayah sungai. Karena, intake kami itu di atas Bendung Sapon dan kemarin ada perbaikan pintu air yang harus dikerjakan karena urgent, demikian keterangan dari petugas bendung. Kebetulan hari Minggu itu pintu Bendung Sapon dibuka sekitar jam 9 pagi dan ditutup sore hari,” ungkap Sujoko kepada SWARA TIRTA, Selasa Legi (27/8/2024).

Dikatakan Sujoko, perbaikan pintu air sebenarnya tidak berlangsung lama, hanya berkisar 2-3 jam. Namun, karena di musim kemaru debit air Sungai Progo relatif kecil sehingga harus menunggu berjam-jam untuk memulihkan proses produksi air bersih.


“Untuk memenuhi luasan tampungan di atas bendung itu sampai dengan batas kami bisa beroperasi normal itu membutuhkan waktu yang sangat lama, lebih dari 10 jam. Sehingga itu baru normal di pagi harinya. Senin pagi itu baru bisa normal kembali sehingga juga produksi baru bisa dimaksimalkan. Senin pagi sampai sekarang sudah tidak ada kendala,” kata dia.

Menurut Sujoko, gangguan produksi tersebut berimbas sangat luas. Di seluruh wilayah selatan (dari Kapanewon Lendah hingga Temon-red), banyak pelanggan yang tidak tersuplai air bersih.


“Dalam hal mengatasi itu, kami menyampaikan pengumuman sehari sebelumnya kepada pelanggan untuk menampung air, guna mengurangi defisit penggunaan untuk rumah tangga. Jadi intinya, dengan gangguan kemarin di Lendah itu karena ada pengurasan bendung yang membutuhkan waktu lama untuk pemulihan. Dari sisi air di bendung, dan menunggu kesiapan produksi,” pungkas Sujoko.

Senada, Kepala Cabang Selatan Perumda Air Minum Tirta Binangun FX. Sugiyono menandaskan perihal penyebab kendala pelayanan air bersih bagi pelanggan di Kulon Progo bagian selatan.

“Kemarin hari Minggu ada pengurasan intake Bendung Sapon (perbaikan pintu air) dan sehari tidak bisa produksi. Sekarang sudah bisa produksi lagi. Tinggal pemulihan normalisasi aliran,” ujar Sugiyono ketika dikonfirmasi awak media, Selasa Legi (27/8/2024) siang. (Prd)

No comments:

Post a Comment