Tuesday 13 August 2024

Hadapi Musim Kemarau, Penyuluh Lingkungan Hidup DLH Bagikan Tips

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Pertama pada Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo Anhar Isnawan, S.Hut membagikan tips dalam upaya menghadapi musim kemarau yang berpotensi mengakibatkan kekeringan di sejumlah wilayah.

“Pertama, menggunakan air dengan bijak. Kedua, hindari bermain api karena lahan dan vegetasi kering mudah terbakar. Ketiga, membuat sumur-sumur resapan agar air bisa tersimpan. Keempat, memanfaatkan air hujan untuk ditampung melalui Instalasi Pemanenan Air Hujan (IPAH),” kata Anhar ketika dikonfirmasi awak media, Senin (12/8/2024).

Khusus untuk menjaga kesehatan tubuh, Anhar mengajak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Jaga kondisi dengan minum vitamin dan banyak minum air putih, rutin olahraga, dan pakai masker jika keluar rumah atau bepergian karena banyak debu,” ujar Anhar yang pernah menekuni sepak bola sebelum diangkat menjadi PNS.


Sebagai informasi, 3 (tiga) Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini menyandang status siaga darurat hidrometeorologi, yaitu Kulon Progo, Gunungkidul dan Sleman.

Dikutip dari portal web Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) https://jogjaprov.go.id/, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menetapkan status siaga darurat bencana kekeringan terhitung sejak 1 Agustus 2024 sampai 31 Agustus 2024 mendatang.

Bahkan, Pemda DIY telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY No.286/KEP/2024 sebagai respon atas dampak kekeringan yang terjadi.

SK Gubernur DIY tersebut diberlakukan selama 1 (satu) bulan. Namun, dapat diperpanjang apabila bencana kekeringan di DIY masih berkepanjangan. (Prd)

No comments:

Post a Comment