Monday 26 August 2024

4 Guru SMK N 1 Panjatan Magang Industri di Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Panjatan mengirimkan 4 (empat) orang guru untuk mengikuti kegiatan magang di Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo.

Pelaksanaan magang, dalam rangka mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sebagai penguatan proses pembelajaran guru Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) baru skema pemadanan bidang keahlian Teknik Kimia Industri tahun 2024.


“Berkaitan dengan adanya program magang ini merupakan permintaan dari SMK 1 Panjatan. Dimana mereka menempatkan 4 guru magang untuk mempelajari lebih detail tentang PDAM yang mengerucut ke AMDK. Memang ini program dari sekolah, kita menerima atau sebagai objek untuk magang dari guru tersebut,” kata Kepala Unit AMDK Perumda Air Minum Tirta Binangun Meiritanto, S.E kepada awak media, Rabu Kliwon (21/8/2024).

Disebutkan Meiritanto, 4 guru yang magang adalah guru Teknik Kimia Industri (TKI), yaitu Wahid Sujarwo,S.T, Sujiartiningsih, S.T, Lia Tri Utami, S.T, dan Dyah Ayu Nur Cahyanti, S.T.


Keempatnya melaksanakan magang di Unit AMDK Perumda Air Minum Tirta Binangun mulai tanggal 12 Agustus sampai dengan 21 September 2024 (22 hari).

“Outputnya, mereka bisa mengetahui lebih detail tentang ke-AMDK-an, seperti pengujian air kemudian proses produksi. Kemudian dari sistem manajemen mutu, lalu ada sistem manajemen terkait dengan organisasi, itu didalami semua. Sehingga, nanti dalam beberapa hari ini ada semacam pembelajaran lapangan yang diperoleh dari kami untuk menambah wawasan tentang ke-AMDK-an,” ujar Meiritanto.


Sebagai bekal untuk memberikan materi dan pemahaman guru dalam mengajar di sekolah, secara garis besar terdapat 10 (sepuluh) pokok bahasan yang ditekuni di Perumda Air Minum Tirta Binangun dengan total 110 JP (1 JP = 60 menit).

Meliputi, Kebijakan dan Sejarah Perumda Air Minum Tirta Binangun (5 JP), Sistem Manajemen Organisasi (5 JP), Proses Pengambilan Air Baku (15 JP), Proses Pengolahan Air Baku (15 JP), Proses Pengolahan AMDK AIRKU (30 JP), Proses Pengemasan AMDK (10 JP), Proses Pengepakan AMDK (10 JP), Analisis Mutu AMDK (10 JP), Manajemen Mutu AMDK (5 JP), dan Sistem Distribusi AMDK (5 JP). (Prd)

No comments:

Post a Comment