Friday 5 April 2024

Semangat World Water Day 2024 : Perumda Tirta Binangun Kulon Progo Bertekad Mewujudkan Air Minum yang Layak dan Aman

 WATES (KONSIKA NEWS) – Peringatan Hari Air Sedunia (World Water Day) tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 22 Maret mengangkat tema globalWater for Peace" (Air untuk Perdamaian). Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI mengusung tema khusus “Kemitraan mendorong air minum aman yang berkelanjutan untuk semua”.

Meski tahun ini tidak melakukan peringatan World Water Day secara spesifik, namun Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun bertekad memberikan pelayanan air minum yang layak dan aman bagi pelanggan di Kabupaten Kulon Progo sejalan dengan tema Kemenkes tersebut.

“Tema secara nasional kan mendorong penggunaan air secara aman. Nah itu kita implementasikan aman dari sisi kualitasnya artinya layak konsumsi. Istilahnya air minum yang layak dan aman. Selama ini yang kami terapkan sudah seperti itu,” tutur Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun H. Jumantoro, S.E ketika ditemui SWARA TIRTA di ruang kerjanya, Sabtu Wage (23/3/2024).


Ia menegaskan, Perumda Air Minum Tirta Binangun mempunyai komitmen dalam menjamin kualitas, kuantitas, dan kelayakan air minum yang didistribusikan kepada pelanggan.

“(Secara umum) kelayakan bisa dilihat dari 3 parameter yaitu bau, rasa, dan warna. Kemudian baru dengan uji lab,” ujar Jumantoro.

Ditanya soal Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM), Jumantoro mengungkapkan pihaknya sudah melakukan identifikasi baik resiko maupun keberlangsungan/keberlanjutannya.

“Ini sudah kami identifikasi dan masukkan ke dalam Rencana Pengamanan Air Minum di setiap wilayah. Bahkan, kami juga memetakan wilayah-wilayah yang di luar pelayanan kami itu masuk dalam Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) untuk mencukupi kebutuhan air, khususnya bagi warga Kulon Progo,” ungkapnya.

Menurut Jumantoro, RPAM dan RISPAM di Kulon Progo ini tidak hanya menjadi beban atau tanggung jawab Perumda Tirta Binangun saja, melainkan juga menjadi kewenangan dari Bappeda di perencanaan dan Dinas PUPKP.

“Terkait dengan pelayanan air minum sebetulnya tidak mutlak menjadi kewenangan Perumda Tirta Binangun saja. Jadi, masih banyak instansi lain yang sebetulnya bisa (sama-sama) peduli terkait itu,” tegasnya.

Ditambahkan Jumantoro, Perumda Air Minum Tirta Binangun selama ini juga telah membangun kemitraan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo dengan secara rutin tiap tahun mengadakan kegiatan penghijauan dan penanaman pohon untuk pelestarian sumber-sumber mata air. (Prd)

No comments:

Post a Comment