Monday 29 April 2024

DLH Kulon Progo Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah Dengan Dana Keistimewaan DIY

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Dalam rangka meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan ketrampilan serta peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah, Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Pelatihan Pengolahan Sampah Organik untuk budidaya Maggot yang didukung oleh Dana Keistimewaan.

Pelatihan Pengolahan Sampah ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai kalangan seperti dari kelompok tani, ternak, ikan, bank sampah, TPS 3 R, karangtaruna dan masyarakat umum. Selain itu peserta juga dari berbagai wilayah Kulon Progo dengan berbagai usia.


Kegiatan ini dilaksanakan  dengan 2 sistem yaitu Klasikal dan Kunjungan Lapangan. Untuk klasikal dilaksanakan tanggal 23 – 24 April 2024 bertempat di Ruang Rapat Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo dengan narasumber dari Paniradya Kaistimewaan dan Lenthera Mahika Yogyakarta, sedangkan untuk kunjungan lapangan dilaksanakan pada tanggal 25 April 2024 di Omah Maggot Jogja tepatnya di Melikan, Sumberharjo, Prambanan, Yogyakarta.

Setelah rangkaian kegiatan pelatihan ini nantinya peserta akan mendapatkan alat dan bahan untuk praktek budidaya maggot sehingga dapat melaksanakannya di rumah masing masing. Sehingga kedepannya, semakin banyak masyarakat yang sadar dan mampu mengolah sampah terutama sampah organik. (Anityas)

No comments:

Post a Comment