Sunday 21 April 2024

Pelayanan Air Bersih di Kulon Progo Selama Ramadhan Hingga Lebaran Dipastikan Lancar

WATES (KONSIKA NEWS) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun memastikan pelayanan air bersih kepada para pelanggan di wilayah Kabupaten Kulon Progo selama momentum Ramadhan sampai dengan Lebaran Idul Fitri 1445 H berjalan dengan lancar.

“Secara umum, jadi memang tahun ini Alhamdulillah semuanya bisa dikategorikan lancar. Jadi, pada saat jam puncak mungkin ada yang sedikit menurun tetapi secara umum tetap kecukupan secara kebutuhan per harinya,” kata Kepala Bagian Teknik Perumda Air Minum Tirta Binangun, Sujoko, Jum’at Legi (19/4/2024).

Sujoko menjelaskan, kelancaran pelayanan tidak lepas dari berbagai persiapan yang dilakukan dengan matang.


“Antara lain dengan melakukan kepastian bahwa jaringan dipastikan aman dengan melakukan sweeping-sweeping jaringan. Kemudian, dengan melakukan pengaturan-pengaturan valve, pembenahan air valve, supaya pada pemakaian beban puncak di jaringan itu semuanya bisa terkondisi,” jelas Sujoko.

Ditambahkan, pihaknya juga mempersiapkan terkait dengan pompa cadangan dan energi cadangan.

“Barangkali tiba-tiba ada pompa yang rusak, itu juga bisa kita lakukan penggantian dengan cadangan yang ada. Juga kami selalu menyiapkan tentang energi cadangan dengan menggunakan genset. Karena ini musim penghujan, jadi dimungkinkan muncul kendala terkait dengan listrik mati dan lain sebagainya. Sehingga, dari segi genset kami siapkan, dari bahan bakar juga kami stok minimal untuk 10 jam ke depan itu bisa beroperasi kalau terjadi gangguan listrik mati,” imbuhnya.


Sujoko mengungkapan, sebagai contoh di tahun lalu untuk wilayah Kalipetir memang ada gangguan. Akan tetapi, tahun ini Alhamdulillah dari puasa sampai masa Lebaran berakhir tidak ada kendala yang dapat mengganggu pelayanan di wilayah tersebut.

“Nah itu untuk yang contoh yang Kalipetir kemarin kami juga menambah kapasitas di reservoar di Kaliagung itu dari 10 menjadi 30 meter kubik juga penambahan pompa. Selain itu kami juga memaksimalkan sistem yang ada di setiap unit pengolahan. Di setiap unit jaringan distribusi terkait dengan kondisi reservoar jangan sampai ada yang kosong atau tidak terpantau,” terangnya.

Tim Perumda Air Minum Tirta Binangun secara berkala melakukan pemantauan kesiapan stok air di reservoar pada waktu pagi, siang, sore, jam puncak, jam normal, dan jam netral di malam hari.

“Jadi kan untuk menghadapi beban pemakaian di pagi waktu bulan puasa dan sore waktu buka dilanjutkan shalat tarawih kemudian puncak di hari raya, jangan sampai untuk wudhu di pagi hari Sholat Ied itu tidak ada air yang mengalir. (Dan) Alhamdulillah tahun ini semuanya bisa berjalan lancar berkat do’a kita semuanya,” pungkas Sujoko.

Apresiasi pelanggan terhadap kinerja Perumda Air Minum Tirta Binangun dalam memberikan pelayanan selama Ramadhan-Lebaran, salah satunya datang dari warga Kalipetir Kalurahan Margosari Kapanewon Pengasih, Tri Purwono.

“Assalamualaikum wr.wb. Saya atas nama warga Kalipetir Kidul mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin kepada Perumda PDAM Tirta Binangun Kulon Progo. Dan selaku pribadi maupun warga menyampaikan; 1) Mohon maaf yg sedalam-dalamnya apabila dalam kami berucap dan tutur kata banyak khilaf dan salah kepada Perumda Tirta Binangun beserta staf dan jajarannya. 2) Menyampaikan serta memberikan apresiasi atas kinerja seluruh staf dan jajarannya sehingga pada tahun ini kami merasakan aliran air yg lancar selama ini apalagi pada hari raya Idul Fitri tahun ini lancar tanpa ada kendala. Dengan ini kami mengucapkan banyak terimakasih,” ujar Tri Purwono, sebagaimana dikutip SWARA TIRTA dari pesan WhatsApp yang dikirimkan kepada Perumda Air Minum Tirta Binangun. (Prd)

No comments:

Post a Comment