Monday 29 April 2024

Melalui UPT Laboratorium Lingkungan, DLH Kulon Progo Gelar Pelatihan Sampling

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Sampling merupakan salah satu tahap penting validnya data laboratorium. Kesalahan dalam sampling dapat membuat data laboratorium tidak valid. Tentu saja pengambilan sampel perlu menggunakan SOP yang sesuai SNI agar data laboratorium tidak menjadi sia-sia.

UPTD Laboratorium Lingkungan menyelenggarakan pelatihan metode sampling pada hari Kamis, 25 April 2024 yang dimentori oleh Bp. Dr.Ir.Harjito,S.T.,M.Si.,C.EIA.,IPU.,ASEAN ENG. Pelatihan diikuti oleh 10 pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo.


Penetapan tujuan pengambilan sampel merupakan hal yang sangat penting ketika menyusun perencanaan pengambilan sampel lingkungan. Tujuan yang ditetapkan merupakan suatu pernyataan yang jelas, ringkas dan harus tertuang dalam suatu dokumen perencanaan. Secara umum, tujuan pengambilan sampel lingkungan adalah untuk: pengumpulan data rona awal lingkungan, pemantauan lingkungan, penegakan hukum lingkungan dan penelitian di bidang lingkungan.

Beberapa elemen yang perlu diperhatikan pada penggunaan metode sampling adalah identifikasi area kajian, atribut dan metode pengukurannya, tipe sampling, dimensi unit sampling, posisi unit di area kajian, jumlah unit sampel dan intensitas sub-sampling.

Perencanaan dan pelaksanaan sampling yang tepat dengan mempertimbangkan elemen-elemen tersebut akan menghasilkan data yang akurat dan presisi. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat membekali pesertaa agar dapat merencanakan metode sampling mereka dengan tepat. (BP)

No comments:

Post a Comment