Wednesday 21 June 2023

KLHK Lakukan Pemantauan Kualitas Air di Daerah, Termasuk Kabupaten Kulon Progo

KULON PROGO (KONSIKA NEWS) - Direktorat Pengendalian Pencemaran Air Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui suratnya tertanggal 22 Mei 2023 telah menyampaikan Permohonan Pelaksanaan Pemantauan Kualitas Air Tahun 2023. Ada beberapa wilayah Ecoregion yang menjadi lokasi pemantauan kualitas air tersebut yaitu:

  • PIC Ekoregion Jawa, Bali, NTB dan NTT
  •  PIC Regional Sumatera
  • PIC Regional Sulawesi, Maluku dan
  • PIC Regional  Kalimantan.

Dalam melaksanakan tugasnya pengambilan sampel air tersebut KemenLHK bekerjasama dengan pihak laboratorium yang sudah terakreditasi yaitu PT. Anugerah Analis Sempurna (AAS) dan pelaksanaannya sudah terjadwal.


Kabupaten Kulon Progo sebagai bagian dari wilayah Jawa mendapat jadwal kegiatan pemantauan tersebut dan pelaksanaannya dilaksanakan mulai bulun Juni ini. 

Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari ini Kamis 22 Juni 2023 datang petugas perwakilan dari PT AAS yang melaksanakan koordinasi awal dengan DLH Kulon Progo terkait administrasi dan pemberitahuan pelakasanan pengambilan sampel air tersebut.

Ada 6 titik lokasi pengambilan yang sudah ditetapkan menjadi lokasi tempat pengambilan sampel air tersebut yaitu di sepanjang Sungai Progo mulai dari Kapanewon Kalibawang (2 titik), Kapanewon Nanggulan (2 titik), Kapanewon Sentolo (1 titik) dan Kapanewon Lendah (1 titik). 

Koordinasi pemantauan rencananya akan dilakukan sebanyak 3 kali (yang pertama sudah dilaksanakan pada hari ini 22 Juni 2022)

Tujuan kegiatan pengambilan dan pemantauan kualitas air sungai Progo tersebut adalah untuk mengetahui sampai dimana tingkat kualitas air sungai di Sungai Progo dan dapat menjadi bahan/data dalam penyusunan rencana kegiatan tahun berikutnya. (Endratma)


No comments:

Post a Comment